Pemerintah Kabupaten Ketapang menggelar Tabliq Akbar dalam Rangka Memperingati dan Memeriahkan Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah pada yang diselenggarakan oleh Majelis Dzikir dan Shalawat Darul Murtadha.

Home > News

5 Menu Olahan Daging yang Nikmat Disantap Bersama Keluarga di Hari Raya Idul Adha

02 Jul 2022, 05:20 WIB
Rendang, masakan khas Minangkabau yang telah menjadi menu istimewa Indonesia.(ebc/freepik)

EDUKASIBORNEO, PONTIANAK – Idul Adha 1443 Hijriah/2022 Masehi bertepatan pada Minggu, 10 Juli 2022. Sudahkah anda mempersiapkan makanan apa yang akan anda sajikan.

Bagi umat Islam menu apa yang paling dinantikan saat hari Raya Idul Adha terlebih jika daging kurban berlebih. Ada begitu banyak santapan yang bisa anda nikmati bersama keluarga.

Berikut Edukasi Borneo, merangkum 5 menu makanan yang bisa jadi referensi anda saat Idul Adha.

1. Rendang

Rendang adalah makanan khas Minangkabau berbahan dasar daging ini memadukan santan dan berbagai macam rempah eksotik seperti serai, lengkuas, cengkeh, kayu manis, jintan, daun jeruk, dan sebagainya sehingga menghasilkan cita rasa gurih dan pedas. Terlebih lagi ketika persediaan daging kurban melimpah.


2. Sate

Hidangan daging kambing atau daging sapi juga ayam fillet, diambil dagingnya daging dan disisihkan kulitnya yang ditusuk menggunakan batang bambu, sate menjadi salah satu sajian favorit khas Idul Adha.

Cara pembuatannya pun terbilang mudah, potongan daging yang sudah ditusuk batang bambu cukup dipanggang di atas bara api sampai teksturnya menjadi juicy dan mengeluarkan aroma wangi yang lezat. K

emudian untuk menambah kenikmatan, sate yang sudah masak bisa dibalur dengan berbagai macam bumbu seperti sambal kacang atau kecap pedas, bisa pula ditambah garnis cabai rawit, irisan bawang merah dan timun, disajikan bersama sepiring nasi hangat.


Baca Juga : Resep Opor Ayam Spesial, Lauk Nikmat di Hari Lebaran


 3. Gulai

Gulai sering juga disebut kari asal Indonesia yang memiliki kuah kental berwarna kekuningan dengan rasa yang kuat, pedas dan gurih.

Masakan khas Sumatera berbahan dasar kuah gulai yang kaya akan santan dan rempah-rempah seperti kunyit, ketumbar, lada hitam, lengkuas, jahe, dan masih banyak lagi itu tersebar ke seluruh Indonesia dan tak jarang setiap daerah memiliki versi yang sudah disesuaikan dengan cita rasa lokal.


4. Sop Iga

Sop iga terbuat dari potongan iga kambing atau sapi yang dimasak sampai empuk, kemudian dicampur kuah kaldu berwarna bening yang dilengkapi dengan irisan kentang, wortel, tomat, seledri, dan daun bawang.

Karena daging iga memiliki lebih banyak serat dan lemak, menjadikan kuah sop iga mempunyai rasa gurih sekaligus menyegarkan, sehingga membuat hidangan yang satu ini sangat pas disajikan dengan sepiring nasi hangat untuk meramaikan momen berkumpul bareng keluarga.


5. Semur

Semur salah satu masakan tertua di Indonesia yang telah ada sejak 1600-an. Dalam sejarahnya, nama

Semur berasal dari bahasa Belanda, yaitu smoor, yang berarti masakan yang telah direbus dengan tomat dan bawang secara perlahan.

Masakan yang telah ada di Indonesia sejak 1600-an ini terdiri dari rebusan kuah berwarna hitam pekat yang diberi potongan daging serta kentang.

Kuah semur sendiri terbuat dari campuran kecap manis, gula merah, bawang merah, bawang bombay, cabai, merica, pala, dan cengkih, sehingga menghasilkan rasa manis, gurih, dan sedikit pedas.

Meski isian utama kuah semur biasanya menggunakan daging, namun ada banyak kreasi semur yang juga menambahkan isian lain seperti tempe, tahu, dan sebagainya.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Annisa Januarsi
Sumber : Edukasi Borneo