Wednesday, 27/10 16:27:01
Satuan tugas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti dan Tentara Diraja Malaysia (TDM) Batalion 500 dan TDM Batalion 602 memperkuat kerja sama pengamanan perbatasan Indonesia-Malaysia di Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Home > Life Style

Apple Resmi Rilis iPhone 13 dan 13 Mini

15 Sep 2021, 10:48 WIB
iPhone 13 (Ant)

EDUKASIBORNEO, JAKARTA - Apple resmi memperkenalkan iPhone 13 dan iPhone 13 mini, hadir dengan sejumlah inovasi terbaru, termasuk kamera dan chip terbaru.

Harga iPhone 13 dibanderol mulai 799 dolar AS atau sekitar 11,3 juta, sedangkan iPhone 13 mini dijual dengan harga mulai 699 dolar AS sekitar 10 juta.

“Pelanggan kami mengandalkan iPhone setiap hari, itulah sebabnya kami membuat iPhone 13 dan iPhone 13 mini lebih bertenaga, lebih mumpuni, dan lebih menyenangkan untuk digunakan,” kata Wakil Presiden Senior Apple untuk Pemasaran Seluruh Dunia Greg Joswiak dalam siaran pers dikutip Rabu 15 September 2021.

iPhone 13 dan iPhone 13 mini hadir dengan layar berukuran 6,1 inci dan 5,4 inci dengan fitur perisai keramik di bagian depan yang membuat layar menjadi lebih kuat. Kedua model memiliki peringkat IP68 untuk ketahanan air dan dirancang untuk terlindung dari tumpahan cairan.

Sistem kamera TrueDepth didesain ulang menjadi lebih kecil sambil tetap mengemas teknologi terobosan yang sama, termasuk Face ID.

Layar perangkat tersebut telah mendukung teknologi Super Retina XDR OLED, dengan peningkatan 28 persen, kecerahan luar ruangan maksimal pada 800 nits. Kecerahan puncak dapat lebih tinggi untuk konten HDR seperti foto dan video pada 1200 nits.

Baterai iPhone 13 menawarkan hingga 2,5 jam lebih lama daripada iPhone 12, sedangkan iPhone 13 mini menyediakan hingga 1,5 jam lebih lama dalam sehari daripada iPhone 12 mini.

iPhone 13 dan 13 Mini dibekali dua kamera belakang yang disusun secara diagonal, terdiri dari kamera wide dan kamera ultrawide 12 MP.

Kamera wide baru diklaim mampu menangkap hingga 47 persen lebih banyak cahaya. Sedangkan Kamera ultrawide baru mampu menangkap lebih banyak detail dalam cahaya rendah.

Kedua perangkat juga dilengkapi sensor-shift optical image stabilization (OIS) yang menstabilkan sensor sehingga gambar menjadi halus dan video stabil.

Terdapat mode sinematic ketika merekam video dengan efek kedalaman dan perubahan fokus otomatis. Fokus dapat diubah selama dan setelah pengambilan. Tingkat bokeh dapat disesuaikan di aplikasi Photo dan iMovie untuk iOS.

Kedua model juga menawarkan perekaman video HDR dengan Dolby Vision, didukung untuk 4K hingga 60 fps di semua kamera.

iPhone 13 dan 13 Mini ditenagai chip terbaru A15 Bionic. Dengan teknologi 5-nanometer, A15 Bionic menampilkan GPU 4-core yang diklaim mampu menghadirkan kinerja grafis hingga 30 persen lebih cepat daripada pesaing lainnya.

CPU 6-core baru hadir dengan dua core berkinerja tinggi dan empat core efisiensi tinggi, mampu menghasilkan kinerja hingga 50 persen lebih cepat dibanding kompetitor lainnya.

A15 Bionic juga didukung Neural Engine 16-core baru yang mampu melakukan 15,8 triliun operasi per detik, memungkinkan komputasi pembelajaran mesin yang lebih cepat untuk pengalaman aplikasi pihak ketiga yang lebih optimal. Perangkat tersebut juga hadir dengan sistem operasi iOS 15 dan mendukung konektivitas 5G.

iPhone 13 dan iPhone 13 Mini tersedia dalam pilihan warna Pink, Blue, Midnight, Starlight, dan (PRODUCT) RED. Kedua perangkat tersedia dalam varian 128GB, 256GB, 512GB, dan 1TB.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Tim Redaksi
Sumber : Antara