Materi PKn SMA Kelas 10 Semester Ganjil Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

Home > Edukasi

Apresiasi Guru 2022 Dibuka, Yuk Daftar

24 Sep 2022, 14:57 WIB
Mengusung tema “Serentak Berinovasi Wujudkan Merdeka Belajar. Nantinya Guru inspiratif yang terpilih akan diundang dalam Perayaan Puncak Hari Guru Nasional (HGN) 2022.(Ist/GTK Kemendikbudristek)

EDUKASIBORNEO, PONTIANAK – Apresiasi GTK 2022 Kemendikbud telah dibuka.

Adapun periode pendaftaran apresiasi GTK Kemendikbudristek 2022 dibuka pada 19 September hingga 22 Oktober 2022 melalui laman https://gtk.kemdikbud.go.id/apresiasigtk

Guru inspiratif yang terpilih akan diundang pada Puncak Peringatan Hari Guru Nasional 2022 pada 26 November 2022.

Selain itu, karya inovatif yang perlu diunggah berupa naskah yang relevan terkait video inspiratif, dengan minimal 1.500 kata dan maksimal 2.000 kata.

Adapun persyaratan karya inovatif yang dibuat harus berupa video berdurasi 5 hingga 10 menit tanpa musik latar yang berisi praktik baik yang telah dilaksanakan, sedang dilaksanakan dan atau tindak lanjut tentang pembelajaran berdiferensiasi oleh guru dan pamong belajar.

Apresiasi bagi guru dan tenaga kependidikan merupakan upaya Kemendikbudristek untuk memberikan penghargaan kepada guru dan tenaga kependidikan yang inspiratif dalam mengimplementasikan kebijakan Merdeka Belajar.

Mengusung tema “Serentak Berinovasi Wujudkan Merdeka Belajar. Nantinya Guru inspiratif yang terpilih akan diundang dalam Perayaan Puncak Hari Guru Nasional (HGN) 2022.

“Guru sebagai ujung tombak dalam proses pendidikan generasi masa depan bangsa, sekaligus menjadi agen transformasi dalam proses penguatan SDM. Hal ini senada dengan tujuan Kemendikbudristek melalui kerangka besar Merdeka Belajar, yaitu mewujudkan Profil Pelajar Pancasila,” tegas Pelaksana tugas Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Plt. Dirjen GTK), Nunuk Suryani, dalam webinar Sosialisasi Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 2022 di Jakarta pada Rabu, 21 September 2022.

Plt. Dirjen GTK, Nunuk mengatakan bahwa, tujuan webinar itu untuk mempertegas dan memperjelas penyelenggaraan kegiatan Apresiasi GTK 2022.

Utamanya peran guru dalam segala lini sangat penting karena berkaitan dengan proses penguatan SDM.

Baca Juga : Mendikbudristek Bicara Tentang Digital Learning and Transformation Dalam KTT PBB di AS


Pelaksana tugas Direktur Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, Yaswardi.

“Acara Apresiasi GTK ini dilaksanakan untuk mengapresiasi para guru dan tenaga kependidikan dalam menerapkan Merdeka Belajar pada konteks pembelajaran berdiferensiasi dan berpusat pada peserta didik,” ujarnya.

Untuk mendaftar dalam Apresiasi GTK itu peserta diwajibkan memiliki akun belajar.id dan mengunggah karyanya dalam Platform Merdeka Mengajar.

“Peserta yang dapat mengikuti Apresiasi GTK ini adalah semua guru dan tenaga kependidikan di bawah binaan Kemendikbudristek yang memiliki akun belajar.id. Bapak dan Ibu jangan khawatir, untuk memperdalam persyaratan, bagaimana cara mendaftar dan sebagainya, Bapak dan Ibu bisa mengikuti webinar sosialisasi lanjutan yang diselenggarakan oleh masing-masing direktorat jenjang,” jelas Renny Yunus selaku Kapokja Regulasi, Transformasi Tata Kelola dan Asesmen SDM Guru Dikmen Diksus.

Plt. Dirjen GTK mengimbau dan mengajak seluruh guru dan tenaga kependidikan di Indonesia untuk mendaftar pada acara apresiasi bagi guru, serta mengambil peran dan berkarya untuk mewujudkan transformasi pendidikan dan berbagi dengan rekan guru di Indonesia.

“Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, kami berharap dapat memberikan apresiasi terhadap guru dan tenaga kependidikan inspiratif pada konteks pendidikan berdiferensiasi dan berpusat pada peserta didik. Kita juga berharap, kegiatan ini akan dapat membuat bertumbuhnya praktik-praktik baik lain dalam implementasi Kurikulum Merdeka, serta dapat menginspirasi guru dan tenaga kependidikan lainnya,” tutupnya.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Annisa Januarsi
Sumber : Edukasi Borneo