Thursday, 22/04 17:25:31
Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan Asosiasi Game Indonesia meluncurkan buku digital berjudul Peta Ekosistem Industri Game Indonesia 2020.

Home > Tips Edukasi

Beberapa Peluang Karir Lulusan Ilmu Hukum

22 Feb 2021, 13:49 WIB
ilustrasi (EBC)

EDUKASIBORNEO, Sebagai salah satu jurusan yang banyak mendapat sambutan baik di dalam masyarakat karena selain menarik jurusan tersebut juga dinilai memiliki karir yang menjanjikan. Demikian beberapa peluang karir yang dimiliki oleh lulusan hukum

 

Pengacara atau Lawyer 


Mungkin ini adalah pandangan karir paling umum tentang seseorang yang lulus dari Ilmu Hukum. Mungkin masih banyak yang beranggapan bahwa tugas seorang pengacara adalah untuk memenangkan kliennya di pengadilan. Namun hal tersebut tidaklah benar.

Tugas seorang lawyer adalah memberikan pendampingan hukum supaya seorang klien atau orang yang menggunakan jasa lawyer bisa mendapatkan hak-haknya selama menjalani proses hukum.

 

Untuk bisa jadi seorang lawyer, kita perlu menjalani beberapa proses setelah lulus dari Ilmu Hukum dan menyandang gelar Sarjana Hukum. Kita perlu untuk mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat yang diselenggarain sama Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI). Setelah lulus PKPA, kita perlu menjalani magang di kantor advokat atau yang biasa disebut lawfirm selama 2 tahun. Setelahnya baru kita akan disumpah di Pengadilan Tinggi. Kalau udah, barulah kita dinyatakan sah menjadi seorang lawyer. 

 

Jaksa 

 

Jaksa adalah seseorang yang tugasnya menyampaikan dakwaan atau tuduhan pada saat proses pengadilan terhadap orang yang diduga melanggar hukum. Keisitimewaan dari profesi ini adalah profesi ini cuma bisa dimasuki sama lulusan hukum.

 

Notaris 


Mungkin kita sering menemukan papan yang bertuliskan notaris pada jalan – jalan ketika kita menuju suatu tempat. Mengacu pada UU Nomor 30 tahun 2004, Notaris adalah pejabat umum yang berwenang untuk membuat akta otentik dan kewenangan lainnya seperti membuat akta otentik yang berkaitan dengan perbuatan, perjanjian, dan ketetapan yang diharuskan oleh peraturan perundang-undangan dan/ atau yang dikehendaki oleh yeng berkepentingan untuk dinyatakan dalam akta otentik. 

Untuk bisa menjadi seorang notaris, kita harus lulus dari S1 Ilmu Hukum dan lulus dari S2 Kenotariatan. Selian itu kita juga harus menjalani magang setidaknya selama 12 bulan di kantor notaris. Selain itu syarat lainnya adalah usia kita harus minimal 27 tahun. Syarat-syaratnya ada di UU Nomor 30 tahun 2004. 

 

Tim Legal Perusahaan


Keberadaan tim legal di sebuah perusahaan sebenarnya dikembalikan kepada  kebijakan si perusahaan tersebut. Ada yang tugasnya sebatas menangani perjanjian kerja sama sampai ada juga yang bertugas buat menangani permasalahan hukum baik pidana maupun perdata. Selain itu, tim legal juga bertugas buat melakukan penyesuaian terhadap aturan baru yang dikeluarkan oleh pemerintah . Jadi kan sebuah perusahaan dalam bekerja ada aturan yang harus ditaati. Ketika pemerintah membuat kebijakan baru, di situlah tim legal nantinya yang bertugas untuk melakukan penyesuaian. */MAR

 

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Maria Apriline Hega Tareze
Sumber : Edukasi Borneo