Kajian tentang dunia politik memang selalu menawarkan hal menarik untuk dibahas, dianalisis, atau diamati dari berbagai sudut pandang.

Home > Kolom Opini

Berikut Sepuluh Cara Terbaik Investasi Diri Sendiri

22 Jul 2022, 09:14 WIB
investasidiri.ggimg

EDUKASIBORNEO, PONTIANAK - Teman Edukasi. Investasi bagi diri sendiri adalah cara terbaik untuk meningkatkan kualitas diri, menambah wawasan, serta mendalami dan memperluas skillset.

Jadi, tidaklah mengherankan kalau cara ini dapat membuat seseorang menjadi pribadi yang lebih berpengalaman. Selain itu, hal ini bisa membuatmu jadi kandidat yang memenuhi kualifikasi di banyak lowongan pekerjaan.

Dalam artikel ini, akan disajikan 10 cara melakukan investasi pada diri sendiri  versi media edukasi borneo yang dapat kamu terapkan dan praktikkan agar value dirimu bisa bertambah.

Kamu bebas untuk memulainya dari poin manapun. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan urgensinya. Berikut ini pembahasan intinya.

1.     Menjalankan pola hidup sehat

Menjalankan pola hidup sehat bisa di mulai dengan cara mengonsumsi produk yang baik untuk tubuh. Misalnya, konsumsi makanan dan minuman yang tepat dibutuhkan oleh tubuh.


Jika asupan tepat, produktivitas dapat meningkat, fokus akan terjaga, dan lebih bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari. Selain itu, tidur yang cukup dan melakukan aktivitas fisik secara rutin juga dapat mendukung upaya investasi diri sendiri.


Dengan waktu tidur yang cukup, kamu bisa mendapatkan berbagai benefit untuk kesehatan dan pikiran. Sementara itu, aktivitas fisik rutin, seperti olahraga, bisa berefek pada makin kuatnya tubuh, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan kapasitas energi yang kamu miliki.

 

2.     Punya goals pribadi

Mempunyai goals pribadi, dalam karier, maupun bisnis akan membawa banyak manfaat untuk diri kita. Jika dianalogikan, tidak adanya goals dan visi hidup yang jelas akan membuat seseorang berjalan di malam hari tanpa adanya lampu penerangan.


Dengan kondisi seperti itu, kita tidak tahu ke mana arah yang hendak kita tuju. Efeknya, banyak waktu yang akan terbuang secara cuma-cuma. Mengutif dari Huffpost, kamu bisa menggunakan formula SMART (specific, measurable, attainable, relevant, timely) untuk merancang tujuanmu.


Jadi, tujuan yang ingin dicapai harus spesifik, terukur, memungkinkan untuk dicapai, relevan, serta memungkinkan untuk dijangkau dengan waktu dan kesempatan yang ada.


Baca Juga : Tim Dosen Pendidikan Sosiologi FKIP Untan Gelar PKM Ajak Guru Memanfaatkan Aplikasi Gratis "Ebook" Sebagai Media Pembelajaran



 

3.     Membangun relasi dan memperbanyak networking

Cara selanjutnya dalam menginvestasikan diri sendiri adalah dengan memperlebar relasi dan memperbanyak networking. Langkah ini bisa membuat kamu menjadi pribadi yang lebih baik di luar maupun di dalam lingkungan kerjamu.


Dikutip dari Indeed, semakin banyak relasi yang kamu miliki, maka semakin banyak pula peluang menarik yang akan kamu dapatkan. Jika kamu tertarik untuk melakukan investasi diri ini, kamu bisa secara aktif menghadiri acara yang diadakan oleh kantor atau event yang dibuat di lingkungan industri tempat kamu meniti karier. Oh ya, kamu juga bisa menggunakan media sosial seperti Linkedin untuk berjejaring.

 

4.     Terus Menerus Memperluas wawasan

Dengan membaca artikel, mendengarkan podcast edukatif, maupun menonton video-video yang penuh insight dapat menjadi pintu untuk memperluas wawasanmu. Namun, rata-rata pembahasan yang lebih mendalam dan detail dari sebuah topik atau kajian seringkali hanya bisa didapatkan melalui buku, audio book, jurnal, dan publikasi sejenisnya. Kamu bisa pilih mana yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhanmu.


5.     Terus Memperkuat skill yang sudah dimiliki

Investasi diri selanjutnya adalah dengan terus memperkuat dan mendalami skill teknis yang kamu gunakan untuk bekerja bisa menjadi pondasi kuat untuk terbangunnya karier yang ingin kamu capai. Melansir dari Money Crashers, ada juga beberapa skill umum layak untuk kamu jadikan investasi diri, seperti dibawah ini:

a.      komunikasi

b.     leadership

c.      team building

d.     kecerdasan emosional

e.      negosiasi

f.       business writing

g.     public speaking

h.     manajemen konflik

i.      manajemen waktu

j.      persuasi

Baca Juga : Window Shopping, Metode Pembelajaran Untuk Memfasilitasi Gaya Belajar Kinestetik

6.     Belajar skill baru

Menginvestasi diri sendiri dengan cara belajar skill baru akan membantu kamu untuk menyelesaikan beragam tantangan yang bakal kamu hadapi di depan. Cara ini juga tepat untuk kamu yang ingin bisa memberikan performa yang lebih baik di kantor, lolos kualifikasi untuk mendapatkan promosi, bahkan membantumu membangun bisnis sendiri.

 

7.     Mengikuti seminar, webinar, workshop, atau kursus

Dengan mengikuti seminar, webinar, workshop, atau kursus, kamu akan mendapatkan wawasan dan skill baru. Wawasan dan skill yang didapat mungkin bisa menjadi jawaban atas tantangan karier, bisnis, ataupun kehidupan personal. Di lingkup tersebut, kamu juga punya kesempatan untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki gagasan, sudut pandang, atau ketertarikan yang mirip denganmu.

 

8.     Membangun kepercayaan diri

Investasi diri sendiri berikutnya adalah membangun percaya diri. Untuk membangun kepercayaan diri yang kuat, kamu bisa memulainya dengan cara memahami value yang kamu punya, yang mana value tersebut bisa dan siap kamu tawarkan untuk orang lain. Sering kali, orang yang kurang percaya diri memiliki rasa ragu atau takut untuk mengungkapkan value yang mereka miliki. Padahal, semakin kamu mencintai dirimu sendiri dan mengerti value yang kamu miliki, maka kamu akan semakin percaya diri untuk membaginya kepada orang lain.

 

9.     Belajar Ilmu manajemen dan organisasi

Mempelajari Manajemen dan organisasi adalah skill yang akan membuat hidupmu semakin tertata. Investasi diri ini akan membuat kamu memiliki ruangan pribadi yang rapi dan bersih, meja kantor yang tertata, kewajiban yang dapat selesai secara tepat, dan lain-lain. Semakin baik skill manajemen dan organisasi yang kamu miliki akan membuat aktivitas rutinmu semakin efisien. Dengan aktivitas rutin yang semakin efisien, maka potensi stres yang kamu terima bisa menurun.

 

10.  Membuat Budgeting Personal

Dengan merancang anggaran keuangan pribadi, kamu bisa membantu menciptakan rasa aman untuk dirimu. Investasi diri ini akan membuat kamu menjadi lebih bijak dan disiplin dalam mengatur arus keluar masuk keuangan pribadi. Kamu bisa mempertimbangkan untuk melakukan pembukuan atau mencatat anggaran menggunakan spreadsheet.

Demikianlah sepuluh cara investasi diri sendiri versi Media Edukasi Borneo yang bisa kamu terapkan. Jangan lupa selama melakukan aktivitas investasi diri, kamu perlu melakukan tracking progres atas upaya yang kamu jalankan. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui sisi-sisi mana yang perlu dibenahi dan dampak positif apa saja yang sudah kamu dapatkan.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Tim Redaksi Edukasi Borneo
Sumber : Edukasi Borneo