Kajian tentang dunia politik memang selalu menawarkan hal menarik untuk dibahas, dianalisis, atau diamati dari berbagai sudut pandang.

Home > News

Bupati Kapuas Hulu Harap Danau Sentarum Jadi Prioritas Penyelamatan Perairan Darat dan Ketahanan Air

15 Mar 2022, 21:03 WIB
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan (kiri) saat mengikuti Rapat Koordinasi Penguatan Implementasi Penyelamatan Perairan Darat Menuju Ketahanan Air Indonesia Selasa, 15 Maret 2022.(Ist/Prokopim Kapuas Hulu)

EDUKASIBORNEO, KAPUAS HULU - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengikuti Rapat Koordinasi Penguatan Implementasi Penyelamatan Perairan Darat Menuju Ketahanan Air Indonesia, dalam hal ini berkenaan dengan prioritas penanganan danau.

Mengusung tema Penguatan Implementasi Penyelamatan Perairan Darat Menuju Ketahanan Air Indonesia. Koordinasi itu dilakukan agar mendapat kesepahaman para pihak tentang Penyelamatan Perairan Darat dan Meningkatnya koordinasi dan sinergi antar pihak dalam Penyelamatan Perairan Darat.

Hadir dalam rapat yang dilaksanakan secara luring dan daring itu, Kementerian atau Lembaga dan Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi dan Lembaga Riset, Perusahaan, LSM dan perwakilan komunitas.

“Kami harap hasil rakor ini akan berdampak positif bagi masyarakat khususnya masyarakat kapuas hulu karena sebagian besar masyarakat kita bergantung pada sungai dan danau,” ujarnya Selasa, 15 Maret 2022.

Baca Juga : 144 Patok Batas Indonesia Malaysia di Wilayah Timur Kalbar Hilang

Ia mengatakan bahwa, pada 2021 lalu telah terbit Peraturan Presiden RI Nomor 60 Tahun 2021 tentang Penyelamatan Danau Prioritas Nasional yang merupakan salah satu wujud percepatan penanganan danau prioritas.

“Dimana tertuang arah dan strategi penanganan pada 15 Danau Prioritas Nasional, serta Tim Koordinasi lintas Kementerian atau Lembaga, yang mana Danau Sentarum di Provinsi Kalimantan Barat masuk kedalam 15 Danau Prioritas Nasional tersebut,” jelasnya.

Dalam rakor ini kita sepakati lanjut Diaan Perencanaan Pembangunan Nasional, sebagaimana diamanatkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020 hingga 2024, salah satu target pembangunan adalah Ketahanan Air untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

"Dalam mewujudkan Ketahanan Air tersebut, danau merupakan salah satu perairan darat yang harus diperhatikan dan dilaksanakan penyelamatannya. Hal ini telah menjadi komitmen Pemerintah, dimana salah satu Proyek Prioritas Nasional dalam RPJMN tersebut adalah revitaliasi atau penyelamatan danau prioritas nasional," tutupnya.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Annisa Januarsi
Sumber : Edukasi Borneo