Friday, 06/08 10:29:35
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun satu menara rusun untuk mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Mempawah di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

Home > Daerah > Mempawah

Bupati Mempawah Erlina Ditetapkan Jadi Wakil Ketua Umum APKASI 2021 Sampai 2026

20 Jun 2021, 14:12 WIB
Bupati Kabupaten Mempawah, Erlina.(Prokopim Mempawah)

EDUKASIBORNEO, MEMPAWAH - Bupati Kabupaten Mempawah, Erlina dikukuhkan sebagai Wakil Ketua Umum Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) masa bakti 2021 sampai 2026, yang dilaksanakan di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua Badung Bali, Sabtu 19 Juni 2021.

Pengukuhan itu dihadiri oleh Mendagri, M. Tito Karnavian dan Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan.

Bupati Erlina mengatakan, APKASI sebagai wadah seluruh Pemerintah Kabupaten di Indonesia memiliki peran penting dalam pembangunan, baik sebagai penyedia advokasi, mediasi dan fasilitasi bagi pemerintah kabupaten dengan pemerintah pusat dan instansi lainnya.

Pemilihan APKASI bertujuan untuk memperkuat peran otonomi daerah di tingkat Kabupaten, dengan memfasilitasi Pemerintah Kabupaten dalam memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah kepada pemerintah pusat.

“Insya allah, kita optimis khususnya di Kabupaten Mempawah yang memiliki potensi sumber daya alam yang besar, terlebih dengan adanya beberapa Proyek Strategis Nasional (PSN), maka akan sangat terbantu dengan bergabung aktif di APKASI," harapnya.

Baca Juga : Hari Ini Indonesia Kembali Terima Vaksin Sinovac 10 Juta Bulk

Baca Juga : Seekor Gajah Sumatera Jantan Lahir di BKSDA Sumsel

APKASI adalah sebagai wadah yang juga memfasilitasi kerjasama antar daerah dalam pertukaran ide, informasi dan pengalaman. Dalam rangka peningkatan kapasitas, serta pengembangan potensi ekonomi, yang bermuara pada kesejahteraan daerah beserta masyarakatnya.

Sementara itu, Ketua Umum APKASI terpilih Masa Bhakti 2021-2026, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyampaikan, bahwa kegiatan Rakernas XIII APKASI rencananya dihadiri sekaligus dibuka oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Untuk itu Gubernur Bali, I Wayan Koster dimohonkan kehadirannya pada acara tersebut.

Dikarenakan kegiatan ini berlangsung masih ditengah pandemi COVID-19, kata Sutan, sehingga perlu kehati-hatian dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Kegiatan itu mengusung tema tantangan dan harapan: membangun ekonomi daerah di masa pandemi COVID-19.  

Rakernas APKASI 2021 ini diisi oleh para Menteri, yakni Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Tim Redaksi
Sumber : Antara