Tuesday, 30/11 03:12:02
Satuan Latihan Mujahidin Pontianak raih juara umum Kejurda Tarung Derajat Kalbar 2021 yang dilaksanakan secara langsung sejak Kamis, 25 November 2021 hingga Minggu, 28 November 2021.

Home > Tips Edukasi

Cara Membuat Anak Suka Belajar Matematika

25 Nov 2021, 17:27 WIB
Ilustrasi EBC

EDUKASIBORNEO, PONTIANAK- Matematika menjadi mata pelajaran yang paling tidak digemari oleh anak. Salah satu alasan mengapa kebanyakan anak tidak menyukai matematika yaitu karena cara guru memberikan metode pembelajaran yang membosankan hal tersebut menjadi alasan kenapa banyak anak tidak menyukai pelajaran tersebut. Anak menganggap bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit dipahami. 

Berikut empat cara membuat anak menyukai matematika : 

Menanamkan percaya diri kepada anak

Kebanyakan anak beranggapan bahwa mereka tidak bisa mengerjakan soal matematika bukan karena sulit melainkan kurangnya rasa percaya diri pada anak, mindset anak sudah menganggap bahwa matematika itu sulit akhirnya anak menyerah dalam mempelajarinya. 

Baca Juga : Mengenal Istilah Tiger Mom : Dampaknya Bagi Anak

Memberikan motivasi

Berikan motivasi bagi anak agar dia mau belajar matematika dengan mengenalkan berbagai tokoh yang sukses dengan matematika. Atau juga bisa mengajak anak untuk berdiskusi mengenai hal-hal yang menarik soal matematika atau menyelesaikan soal-soal matematika bersama-sama.

Ciptakan pelajaran yang menyenangkan

Ajarkan anak matematika dengan cara yang menyenangkan, dengan menggunak berbagai macam metode yang tidak membuat anak menjadi bosan. Seperti menggunakan alat peraga atau warna yang dapat merangsang motorik anak. 

Baca Juga : Mengenal Helicopter Parenting Dan Bahayanya Bagi Anak

Jangan ada paksaan

Saat belajar matematika, usahakan tidak ada paksaan agar anak tidak merasa terbebani. Jika anak sudah tertekan, hal tersebut akan membuatnya bisa stres dan bahkan membenci pelajaran tersebut. Teman edukasi bisa mengandalkan pendekatan persuasif mengajarkan anak.

Itulah empat cara agar anak mau belajar matematika, selamat mencoba!

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Yoga Indrawan
Sumber : Edukasi Borneo