Materi PKn SMA Kelas 10 Semester Ganjil Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

Home > Edukasi

Data Peserta Didik Dalam Dapodik Dapat Diperbaiki Secara Mandiri

16 Nov 2022, 22:04 WIB
Ilustrasi Peserta Didik.(ebc/freepik)

EDUKASIBORNEO, PONTIANAK – Bapak ibu operator sekolah tingkat Sekolah Menengat Pertama (SMP) sederat sudah tahu bahwa, data peserta didik dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dapat diperbaiki secara mandiri.

Mungkin orang tua selama ini menyerahkan seluruh akses data peserta didik anaknya kepada sekolah.

Selain Operator Sekolah, perbaikan data identitas peserta didik bisa dilakukan mandiri melalui aplikasi Verval Individu Peserta Didik.

Namun perlu dicatat bahwa, perbaikan data secara mandiri hanya berlaku untuk peserta didik yang terdata aktif di Dapodik dalam pendataan semester aktif saat ini.

Pada Verval Individu peserta didik perbaikan data identitas harus terisi lengkap, logis, dan harus lolos mekanisme pemadanan dengan data Dukcapil Kemendagri.

Baca Juga : Sejumlah Kegiatan Kreatif Pelajar dan Guru Meriahkan HUT ke 39 SMAN 1 Ngabang


Bila anda ingin memperbaiki data lokasi peserta didik, maka dibutuhkan persetujuan dari pihak satuan pendidikan (operator sekolah) yang dapat diakses melalui aplikasi VervalPD.

Simak langkah-langkah untuk memperbaiki data secara mandiri berikut:

1. Buka laman NISN Kemendikbud kemudian isi NISN dan Nama Ibu Kandung. Jangan lupa untuk mencentang captcha. Setelah itu, tekan tombol “cari data”.

Jika ditemukan arsip NISN, maka akan ditampilkan informasi peserta didik pemilik NISN. 

2. Pastikan data yang tampil adalah data yang akan diperbaiki. Isi NPSN, Tanggal Lahir yang tercatat dalam sistem pendataan Dapodik/EMIS, dan NIK yang tercatat di Dukcapil.

Centang captcha, lalu tekan tombol “lihat data”. Jika data sesuai, maka fitur perbaikan akan terbuka.

3. Perbaikan identitas peserta didik mulai dari NIK, nama, tempat tanggal lahir, dan jenis kelamin.

Selanjutnya isi NIK dan Nama Ibu Kandung sesuai dengan dokumen kependudukan, serta perbaiki titik koordinat tempat tinggal sesuai dengan kondisi sebenarnya.

Lalu, tekan tombol “validasi data”. Sistem secara otomatis memadankan isian identitas ke basis data Dukcapil Kemendagri. 

4. Cermati tabel hasil pemadanan data, pastikan semua atribut identitas tercentang hijau sebagai indikator bahwa data valid.

Perbaiki atribut data jika masih ada identitas yang belum valid. Jika semua identitas sudah valid dan bercentang hijau, lanjutkan dengan mencentang pernyataan persetujuan perbaikan data untuk menyimpan hasil perbaikan data.

Khusus untuk perbaikan data lokasi secara otomatis akan menunggu persetujuan dari pihak sekolah (operator sekolah).

5. Operator satuan pendidikan memeriksa pengajuan perbaikan data peserta didik di aplikasi Verval PD pada fitur “pengajuan edit identitas”. Jika data sesuai maka pengajuan dapat disetujui oleh operator satuan pendidikan.

Saat mengakses laman  NISN Kemendikbud untuk memperbaiki data ada baiknya peserta didik didampingi orang tua. Membaca petunjuk dengan teliti dan cermat, agar data yang diberikan sesuai dan benar.

Saat ini, dengan memberikan akses kepada pemilik data, diharapkan peserta didik untuk berpartisipasi aktif memperbaiki data secara mandiri.

Sehingga, mempercepat perbaikan data peserta didik sehingga data yang terkumpul dalam Dapodik/EMIS menjadi lebih valid dan berkualitas.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Annisa Januarsi
Sumber : Kemendikbudristek