My Lecture My Husband Season 2 Episode 6 B telah tayang di WeTV untuk pelanggan premium sudah bisa menonton hingga episode 7 A.

Home > News

Dinkes Kubu Raya Perbaharui Data Sasaran Vaksin COVID-19

01 Feb 2022, 06:52 WIB
Kegiatan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Kubu Raya (Ant)

EDUKASIBORNEO, KUBU RAYA - Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Marijan mengatakan pihaknya melalui Disdukcapil, Pemerintah Kecamatan dan Desa sertai dibantu RT dan RW terus memperbaharui data sasaran dan masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin COVID-19. 

"Jumlah sasaran vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Kubu Raya ini menggunakan Sensus Penduduk tahun 2020, karena tidak mungkin pemerintah membuat sistem itu menunggu sampai tahun berikutnya. Karenanya kita terus memperbaharui data masyarakat yang menjadi sasaran vaksin maupun masyarakat yang sudah di vaksin," kata Marijan di Sungai Raya, Senin 31 Januari 2022.

Dia menjelaskan, pada tahun 2020 jumlah penduduk Kubu Raya sebanyak 609.392 jiwa dan sistem perhitungan sudah sangat jelas yaitu jumlah penduduk di kali 71,003 dibagi 100 persen, maka dapatlah angka 432.686 itu dan  jumlah ini berdasarkan data dari Pusat Data dan Informasi (Pustdatin) Kemenkes RI.

Baca Juga : Agus Sudarmansyah Meminta Seluruh Anggota DPRD Kubu Raya Berikan Pelayanan Vaksinasi COVID-19 Warga

"Kemudian kita juga memperbaiki data per-kecamatan sesuai dengan jumlah sensus penduduk, sehingga nantinya apa yang dilakukan pak camat itu tidak bingung karena sudah  jelas sumbernya," tuturnya. 

Dengan masih dilakukannya vaksinasi di sejumlah titik dan desa di Kubu Raya, tentunya untuk mengejar satu digit itu bisa dicapai dalam Senin besok.

"Karena pada hari Jum’at kemarin kita bisa memvaksin lebih dari 6 ribu orang (1,5 digit). Insya Allah kami yakin bisa mengejar target 70 persen," katanya.

Dia menambahkan, saat ini pihaknya juga terus menggencarkan vaksinasi COVID-19 di sejumlah titik yang tersebar di beberapa desa dan kecamatan guna mengejar target 70 persen capaian vaksinasi di kabupaten itu.

"Berdasarkan data dari Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) sampai tanggal 28 Januari 2022 capaian vaksinasi COVID-19 untuk dosis pertama di Kubu Raya sebanyak 295.790 orang atau 68,36 persen dan vaksinasi COVID-19 dosis kedua sebanyak 193.230 orang atau 44,66 persen," katanya. 

Dengan data yang ada saat ini dan target yang ditetapkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) agar pada akhir Januari 2022 target 70 persen bisa tercapai, tentu pihaknya optimis bisa mengejar target itu dengan sisa waktu yang ada.

Sementara itu,  Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan dengan adanya vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun, Kubu Raya mendapat tambahan target capaian vaksinasi di sebanyak 64 ribu lebih.

"Sebelumnya target vaksinasi Kubu Raya sebesar 432.686, dengan sudah bisa di vaksinnya anak umur 6 sampai 11 tahun ini, maka ada penambahan 64 ribu lebih masyarakat Kubu Raya yang harus di vaksin COVID-19 menjadi 493 ribu lebih," katanya.

Baca Juga : Polda Kalbar Bersama Pemkab Kubu Raya Lakukan Upaya Pencegahan Karhutla

Untuk memaksimalkan vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6 sampai 11 tahun ini, pihaknya akan membuat aturan wajib vaksin bagi anak untuk melakukan kegiatan tatap muka di sekolah.

"Kita imbau kepada semua orang tua di Kubu Raya agar tidak ragu membawa anaknya untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19 baik yang dilaksanakan di sekolah, maupun di pusat kesehatan yang ada di tiap kecamatan dan desa," ajaknya. 

Bupati menyampaikan, capaian vaksinasi di Kubu Raya sudah mencapai 68,36 persen, tinggal 1,64 persen lagi untuk mencapai 70 persen seperti yang ditetapkan oleh Kemenkes RI guna mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) masyarakat di kabupaten itu.

"Untuk vaksinasi anak-anak ini, kita optimis bisa dicapai dengan cepat, karena kita akan organisir pelaksanaan vaksinnya di sekolah-sekolah," katanya.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Tim Redaksi
Sumber : Antara