Wednesday, 27/10 16:06:23
Satuan tugas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti dan Tentara Diraja Malaysia (TDM) Batalion 500 dan TDM Batalion 602 memperkuat kerja sama pengamanan perbatasan Indonesia-Malaysia di Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Home > Daerah > Sanggau

Diskominfo Sanggau Sosialisasi Metadata Sektoral, Tingkatkan Kompetensi SDM Perangkat Daerah

28 Jul 2021, 22:25 WIB
Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau, Joni Irwanto.(Ist/Prokopim Sanggau)

EDUKASIBORNEO, SANGGAU - Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau, Joni Irwanto mengatakan setiap aparatur negara dan pemerintah daerah mempunyai kewajiban dan misi diantaranya untuk mengelola data dan menampilkan sebaik mungkin dan termasuk di dalamnya metadata.

“Mengingat pentingnya melakukan metadata statistik sektoral, maka Pemkab Sanggau melalui Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau merasa perlu melakukan sosialisasi tentang metadata statistik sektoral dan di Kabupaten Sanggau telah dibentuk admin Satu Data Indonesia (SDI) Kabupaten, ” ujarnya saat sosialisasi metadata statistik sektoral di lingkungan Pemkab Sanggau di Aula Bapenda Sanggau, Selasa 27 Juli 2021 kemarin.

Adapun para peserta sosialisasi adalah admin satu data Kabupaten Sanggau yang ada di masing-masing perangkat daerah, yang seluruhnya berjumlah 24 orang.

Baca Juga : Disporapar Sanggau Gelar Diklat Paskibraka 2021

Hadir pada kegiatan itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sanggau, Paulus Usrin, Kepala BPS Provinsi Kalbar Moh. Wahyu Yulianto sekaligus selaku narasumber, Kepala BPS Kabupaten Sanggau, Yanuar Lestariadi, sejumlah Kepala OPD Kabupaten Sanggau atau pejabat yang mewakili, serta para admin SDI dari masing-masing SKPD.

Joni mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan itu ialah untuk melakukan sosialisasi dan menjelaskan fungsi dari metadata statistik sektoral.

Kemudian, menambah kompetensi sumber daya admin sdi kabupaten dalam mengelola data dan menyajikan nya untuk dapat digunakan;

Juga, agar informasi publikasi kepada masyarakat, dapat lebih mudah jika diakses.

“Untuk itu, dibutuhkan input data yang berkualitas agar menghasilkan metadata yang berkualitas pula,” tuturnya.

Baca Juga : Hari Ini, Ribuan Guru Sanggau Terima Tunjangan Profesi Guru

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sanggau, Paulus Usrin berharap, melalui kegiatan itu mampu membangun dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan Satu Data Indonesia Kabupaten Sanggau.

“Berlakunya Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia, telah memberikan amanat kepada kita bahwa untuk memperoleh data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses, serta dapat dibagipakaikan,” ungkapnya.

Diperlukan perbaikan tata kelola data yang dihasilkan oleh pemerintah melalui penyelenggaraan Satu Data Indonesia mulai dari daerah sampai ke pusat.

“Peran pengelola statistik sektoral di Kabupaten Sanggau sangat strategis,”ujarnya.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Annisa Januarsi
Sumber : Prokopim Sanggau