Kajian tentang dunia politik memang selalu menawarkan hal menarik untuk dibahas, dianalisis, atau diamati dari berbagai sudut pandang.

Home > Kolom Opini

Enam Skill Internet of Things (IoT) Yang Harus di Kuasai

28 Jul 2022, 09:01 WIB
internet of things

Teman Edukasi, Kecanggihan teknologi yang terus berkembang membuat kita harus mempelajari banyak skill baru, salah satunya adalah internet of things (IoT). Dikutif dari Indeed, industri IoT kian menjadi prospek karier yang menjanjikan. Pasalnya, semakin banyak perangkat yang terhubung pada internet. Hal ini membuat semakin banyak juga industri bergantung pada pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses. Meskipun terdengar seperti hal yang sangat techdrivenskill IoT akan sangat berguna untuk membuatmu tetap relevan di dunia kerja untuk bertahun-tahun mendatang.

Apa saja skillskill tersebut? Berikut rangkuman dari redaksi media edukasi borneo.

1.     Machine learning dan artificial intelligence

Skill internet of things pertama yang sangat menarik untuk dikuasai adalah machine learning dan artificial intelligence. Saat ini saja, implementasi kedua teknologi ini sudah sangat terasa di berbagai aspek kehidupan kita. Machine learning dan artificial intelligence sangat membantu dalam pembuatan keputusan, percepatan proses, dan masih banyak lagi. Dengan machine learning, kerja di berbagai bidang bisa lebih efisien dan tentunya ringkas. Nah, jika ingin memahami lebih dalam tentang machine learning, kamu bisa baca artikel – artikel maupun jurnal dan sebagainya.

 

2.     Bahasa pemrograman

Bicara tentang teknologi canggih, tentu kita tidak bisa melupakan bahasa pemrograman. Skill dan pemahaman akan bahasa pemrograman akan sangat bermanfaat di berbagai bidang, khususnya di industri IoT itu sendiri. Beberapa bahasa pemrograman yang banyak dicari ahlinya dan juga memiliki banyak kegunaan adalah:

·      JavaScript

·      Python

·      C

·      C++

Nah, kalau kamu ingin belajar bahasa pemrograman mulai dari yang paling dasar, yuk, cek artikel berikut ini!

3.     Data analytics

Tak kalah banyak dibutuhkan, skill IoT lainnya yang sangat boleh dipelajari adalah data analytics. Internet of things melibatkan begitu banyak proses data, sehingga data analytics dibutuhkan untuk mendapatkan insight yang bermakna dan mudah dipahami. Menurut The New Stack, ada banyak sekali proses yang terlibat dalam ranah data analytics. Paling tidak, kamu perlu memahami dasar-dasarnya, yaitu batch parallel processingprocessing complex eventsmachine learning, dan data visualization.

 

a.     Batch parallel processing

Batch parallel processing adalah pengolahan block data yang sudah disimpan untuk suatu waktu tertentu. Framework yang sering digunakan untuk proses ini adalah Hadoop dengan model pemrograman Map Reduce. Untuk memahami ini, kamu perlu menguasai bahasa pemrograman Java.

b.    Processing complex events

Processing complex events atau skill memproses event yang kompleks untuk IoT membantu untuk agregasi catatan data (event) yang berbeda. Dengan begitu, hubungan sebab-akibat dapat didefinisikan secara real-time. Tool yang sering digunakan untuk proses ini adalah Apache Spark Streaming.

c.     Machine learning

Machine learning lagi-lagi dibutuhkan untuk data analytics. Biasanya, machine learning digunakan unutk mengidentifikasi pola dan anomali di dalam kumpulan data.

d.    Data visualization

Data tidak akan berguna jika tidak dapat dipahami siapa pun. Oleh karena itu, seorang data analyst harus bisa memaparkan data dalam bentuk visual yang sederhana dan menarik.

 

4.     Data management

Skill IoT selanjutnya yang masih berhubungan dengan data adalah data management. Perusahaan-perusahaan di bidang Internet of Things sangat membutuhkan skill dan pengalaman ini. Teknologi yang berhubungan dengan data management adalah cloud computing. Profesional di bidang ini diharapkan dapat mendesain, mengimplementasi, dan membuat solusi data management yang mampu mengolah data dalam jumlah besar.

 

5.     Desain UI/UX

IoT tentu berhubungan juga dengan skill desain UI dan UX. Interface dan experience yang nyaman bagi pengguna aplikasi dan sistem lainnya sangat penting untuk memastikan pengguna nyaman menggunakannya.

 

6.     Information security

Semakin canggih suatu sistem, tingkat keamanannya pun harus semakin ketat. Profesional di bidang IoT perlu memiliki skill information security untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan. Demikianlah  6 skill IoT yang bisa kamu coba asah mulai dari sekarang.

Untuk meningkatkan skill-skill tersebut, kamu bisa ikut pelatihan seperti workshop atau kelas, maupun belajar langsung dari seorang mentor. 

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Tim Redaksi
Sumber : Edukasi Borneo