Fintech CICIL Bantu Mahasiswa di Kalbar Penuhi Kebutuhan Kuliah

23 Feb 2021, 06:54 WIB
Student Ambasador CICIL di Pontianak, Rahma Fadhila menunjukkan aplikasi CICIL. (Ant)

EDUKASIBORNEO, PONTIANAK -  Lembaga Financial Technologi (Fintech) CICIL yang merupakan penyedia layanan peminjaman yang terdaftar dan diawasi OJK menyasar mahasiswa di Kalbar dalam memenuhi kebutuhan kuliah.

“Startup Fintech ini menjadi solusi bagi mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan kuliah. Kita menyediakan layanan cicilan mulai dari keperluan kuliah hingga biaya kuliah,” ujar  satu di antara Student Ambasador CICIL, Rahma Fadhila di Pontianak, Senin 22 Februari 2021.

Saat ini mahasiswa dari Universitas Tanjungpura, IAIN Pontianak, Universitas Muhammadiyah Pontianak, Politeknik Negeri Pontianak, Widya Dharma Pontianak, dan IKIP PGRI Pontianak sudah bisa menggunakan CICIL.

Setiap kampus tersebut mempunyai Student Ambassador yang bertugas memperkenalkan CICIL kepada mahasiswa secara luas.

Baca Juga : Peserta KIP Kuliah Bisa Lakukan Finalisasi Data SNMPTN

“Student Ambassador di Pontianak sendiri ada lebih dari 40 orang dari kampus yang berbeda-beda. Sebelum jadi Student Ambassador, kami menjalani probation agar kami lebih memahami nilai dan ekosistem kerja di CICIL seperti apa,” tuturnyanya.

Mahasiswa Universitas Tanjungpura itu juga menjelaskan tentang kemudahan pembayaran pada CICIL. Cara mencicil barang atau uang kuliah sangat mudah dengan syarat yang tidak sulit, cukup dengan bermodalkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) mahasiswa sudah bisa menggunakan layanan CICIL.

“CICIL sendiri tidak menggunakan sistem bunga namun menggunakan sistem margin. Untuk besar marginnya sendiri 1 sampai 1,5 persen tergantung durasi pinjaman. Tak hanya itu, bila mahasiswa yang mencicil tidak dapat membayar tepat waktu, akan diberi keringanan hingga 7 hari setelah jatuh tempo,” jelasnya.

Untuk mencicil barang, pengguna cukup memilih barang di e-commerce yang sudah bekerjasama dengan CICIL.

Baca Juga : Para Siswa Diingatkan Kembali untuk Segera Mendaftar SNMPTN 2021

“Jadi pada website CICIL nantinya mahasiswa bisa mengecek cicilannya. Caranya cukup dengan memasukkan link dari e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, JD-ID, dan e-commerce lainnya yang sudah bekerja sama dengan CICIL,” katanya.

Pemerintah saat ini terus mendorong  hadirnya fintech. Hal itu karena dapat menyediakan optimisme baru yang dapat memperlancar proses inklusi keuangan, khususnya kepada populasi yang masih belum tersentuh inklusi keuangan terutama di daerah pinggiran.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Tim Redaksi
Sumber : Antara