My Lecture My Husband Season 2 Episode 6 B telah tayang di WeTV untuk pelanggan premium sudah bisa menonton hingga episode 7 A.

Home > News

Fokus Pembangunan Pendidikan, Kubu Raya Mulai Implementasikan Merdeka Belajar Untuk Guru dan Siswa

07 Feb 2022, 14:33 WIB
Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan di dampingi Kadisdikbud Kubu Raya M Ayub berfoto bersama peserta penguatan implementasi merdeka belajar bagi guru penggerak di Sungai Raya, Senin, 7 Februari 2022.(Ant)

EDUKASIBORNEO, KUBU RAYA - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, mulai mematangkan persiapan penerapan konsep merdeka belajar bagi para guru dan siswa, dengan memberikan pembekalan kepada para kepala sekolah dan guru penggerak di daerah itu.

“Kami memandang penerapan merdeka belajar ini sebagai langkah strategis yang dilakukan oleh Kemendikbud RI. Karena kita menyadari bahwa setiap siswa perlu mengetahui dan diarahkan kemana minat dan kemampuannya serta kekuatan potensi dirinya dalam belajar, dengan demikian guru bisa memfasilitasi kemampuan dan potensi siswa tersebut,” ujar Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan saat membuka kegiatan penguatan Implementasi Merdeka Belajar bagi Guru Penggerak di Sungai Raya, Senin, 7 Februari 2022.

Muda mengatakan bahwa, dengan memberikan kebebasan kepada siswa untuk belajar, tentu siswa akan lebih mudah dalam mengembangkan potensi diri mereka.

“Dalam hal ini, Pemkab Kubu Raya mendorong hal tersebut, agar siswa kita bisa mengembangkan potensi dirinya dan menjadi karakter unggul sebagai generasi penerus kabupaten ini,” katanya.

Baca Juga : Kubu Raya Lakukan Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Baca Juga : Diskes Kubu Raya Gelar Layanan Vaksinasi Bosster COVID-19

Saat ini di Kubu Raya terdapat 22 sekolah penggerak dan 53 guru penggerak dan mereka diharapkan bisa mengimplementasikan apa yang ada dari metode merdeka belajar itu.

“Mereka harus bisa benar-benar menerapkan merdeka belajar ini, agar tujuan dari pembelajaran bisa benar-benar tercapai,” tuturnya.

Ia mengungkapkan bahwa, kurikulum merdeka belajar memang akan diterapkan pada 2024, namun Kubu Raya sudah mulai bergerak mengimplementasikannya agar bisa lebih siap.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kubu Raya, M Ayub mengatakan, saat ini jumlah guru 6.614 orang dan sekolah 800 lebih sekolah ditingkat Pendidikan Anak Usia Dini, Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.

“Untuk saat ini kita melakukan penguatan kepada tenaga pendidik dan sekolah, khususnya bagi sekolah dan guru penggerak,” terangnya.

Untuk itu, lanjutnya, dalam empat hari ke depan, pihaknya akan memperkuat kemampuan guru dan kepala sekolah penggerak yang ada di Kubu Raya, sehingga setelah penguatan ini, mereka bisa menyebar pengetahuannya kepada guru dan sekolah lain.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Tim Redaksi
Sumber : Antara