Materi PKn SMA Kelas 10 Semester Ganjil Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

Home > Edukasi

Fresh Graduate, Simak Lima Belas Skill yang Harus Dimiliki

01 Aug 2022, 08:30 WIB
Ilustrasi Skill.(ebc/freepik)

EDUKASIBORNEO, PONTIANAK - Teman Edukasi, kira-kira apa saja ya skill yang harus dimiliki oleh fresh graduate agar mendapatkan pekerjaan? Mungkin pertanyaan itu muncul saat kamu sedang berusaha untuk melamar kerja di sebuah perusahaan setelah berhasil menyelesaikan pendidikan.

Meskipun minim pengalaman, sebagai fresh graduate setidaknya harus menguasai beberapa skill supaya dapat menarik perhatian perusahaan. Lalu, kira-kira apa saja skill tersebut? Jangan khawatir, dalam artikel ini Glints telah merangkumnya untukmu.

1. Komunikasi

Sebagian besar dari kamu mungkin sudah memperdalam keterampilan komunikasi saat kuliah ketika mengikuti beragam organisasi di dalamnya.

Skill ini harus dimiliki oleh seorang fresh graduate. Melansir Job Street, memiliki keterampilan komunikasi yang baik dapat membantumu dalam menyelesaikan pekerjaan.

Banyak perusahaan mencari kandidat karyawan yang pandai dalam berkomunikasi, baik secara verbal maupun nonverbal.

Untungnya, keterampilan ini dapat kamu pelajari secara autodidak sehingga kamu bisa mempersiapkan diri dari sekarang.

2. Teamwork

Selain komunikasi, penting bagi kamu untuk menguasai keterampilan teamwork atau kerja sama tim.

Dilansir dari Target Jobs, membangun hubungan kerja yang positif dapat membantu semua orang dalam mencapai tujuan bisnis.

Perusahaan juga mencari kandidat karyawan yang dapat bekerja secara fleksibel, baik bekerja secara mandiri ataupun secara tim.

Tanpa adanya keterampilan kerja sama, sulit bagi kamu untuk mengikuti arus dunia kerja nantinya. Dengan begitu, pastikan bahwa kamu memiliki skill teamwork yang mumpuni.

3. Problem solving

Dalam dunia kerja, semua pekerja diharapkan dapat menyelesaikan masalah dengan baik tanpa menimbulkan masalah baru. Oleh karena itu, penting untuk memiliki keterampilan problem solving yang baik bagi seorang fresh graduate.

Dengan memiliki kemampuan ini, saat melihat suatu masalah kamu dapat menyelesaikannya dari berbagai sudut. Hal tersebut tentu sangat disukai oleh perusahaan yang nantinya akan mempekerjakanmu.

4. Leadership

Leadership atau kepemimpinan juga merupakan salah satu skill yang harus dimiliki oleh fresh graduateMungkin kamu memang tidak akan langsung diangkat jadi manajer saat pertama kali melamar kerja.

Namun, penting untuk menunjukkan bahwa kamu mempunyai potensi dalam memotivasi rekan kerja tim agar tetap semangat. Tidak hanya itu, skill leadership juga berguna ketika kamu memutuskan tenggat waktu pekerjaan dengan baik.

Baca Juga : Kemendikbudristek Perjuangkan Nasib Pendidikan di Indonesia Dalam Forum Pre-Transforming Education Summit G20 EdWG di Paris


5. Public speaking

Apakah kamu nyaman ketika sedang berbicara di depan umum? Jika tidak, sebaiknya kamu harus mengasahnya terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam dunia kerja.

Skill public speaking sangat penting untuk dimiliki oleh seorang fresh graduate. Pasalnya, ketika sudah bekerja, kamu pasti akan berbicara di depan banyak orang, baik ketika rapat besar dengan perusahaan maupun rapat kecil dengan tim.

Tidak hanya itu, kamu juga berpeluang untuk mempresentasikan sesuatu kepada klien atau perusahaan lainnya.

Oleh karenanya, kamu bisa mengasahnya terlebih dahulu dengan mengikuti kelas online mengenai public speaking ataupun cara lainnya.

6. Manajemen waktu

Melansir dari Actuarial Careers, skill manajemen waktu juga penting untuk dimiliki oleh fresh graduate ketika hendak mencari kerja.

Dalam bekerja, kamu akan dituntut untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline. Biasanya, pekerjaan tersebut tidak hanya satu sehingga kamu harus pintar dalam melakukan manajemen waktu.

7. Analisis

Sebagai fresh graduate, penting untuk memiliki keterampilan analisis yang baik. 

Melansir Target Jobs, kemampuan analisis dapat membuatmu bekerja dengan berbagai jenis informasi.

Selain itu, kamu juga bisa menganalisis tren menarik yang sedang terjadi sekarang. Dengan kemampuan analisis yang baik, secara tidak langsung kamu ikut andil dalam membantu perkembangan perusahaan.

8. Berpikir kritis

Dalam dunia kerja, memiliki skill critical thinking atau berpikir kritis sangat penting. Sebab, akan ada suatu masa di mana kamu harus membuat keputusan secara logis di hadapan rekan kerja atau bahkan atasanmu. Oleh karena itu, penting untuk mengasah skill ini secara intens bagi fresh graduate.

9. Menulis

Selain kemampuan komunikasi, memiliki kemampuan menulis yang baik juga membantumu dapat pekerjaan impian.

Di mulai dari cover letter, kamu bisa mulai menunjukkan bahwa kemampuan menulis dan berbahasa kamu baik serta layak dipertimbangkan.

10. Interpersonal

Kalibrr mengatakan selain kemampuan komunikasi, penting juga untuk fresh graduate memiliki kemampuan interpersonal yang baik. Menghargai dan menghormati orang yang ada disekitarmu, baik itu rekan kerja, resepsionis, dan lainnya.

11. Keahlian dasar software komputer

Keahilan dasar software komputer ini meliputi pengoperasian aplikasi Microsoft seperti Word, Excel, dan Powerpoint. Kamu akan menggunakan software komputer tersebut dalam keseharianmu.

Baca Juga : Dosen, Simak Lima Tips Produktif Menulis Jurnal Ilmiah

12. Inovatif dan kreatif

Saat kamu melakukan interview, tunjukkan bahwa kamu pribadi yang inovatif dan kreatif. Sebagai fresh graduate, rekruter akan lebih tertarik jika kamu bisa berpikir out of the box dan memberikan ide-ide segar untuk perusahaan.

13. Bekerja secara independen

Dirangkum dari Security Bank, salah satu bagian dari pekerjaan kamu nantinya adalah bekerja dengan supervisi minimal. Ini artinya kamu harus dapat beradaptasi dan bekerja secara independen.

Walaupun sebagai fresh graduate biasanya akan didampingi, namun tentunya supervisor kamu tidak akan selalu ada. Jadi, harus siap jika harus bekerja secara independen.

14. Kolaborasi

Memasuki dunia kerja berarti juga bersiap untuk bekerja sama dan berkolaborasi dengan anggota tim maupun rekan kerja dari latar belakang yang berbeda. Memiliki skill kolaborasi akan membantu membawa harmoni yang baik di tempat kerja kamu nantinya.

15. Integritas

Ini adalah hal yang sering luput untuk diperhatikan oleh fresh graduate dalam mencari kerja. Kamu harus memastikan bahwa company culture sejalan dengan nilai yang kamu percayai. Kesempatanmu diterima akan lebih besar jika kamu punya kecocokan dengan visi dan misi serta kultur perusahaan tersebut.

Demikianlah rangkuman singkat mengenai lima belas skill yang harus dimiliki oleh fresh graduate. Semoga teman edukasi terus mengasah beberapa skill di atas agar peluang diterima kerja semakin tinggi.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Tim Redaksi
Sumber : Edukasi Borneo