Materi PKn SMA Kelas 10 Semester Ganjil Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

Home > Edukasi

Gubernur Sutarmidji Dukung Upaya Mewujudkan Generasi Emas Melalui PAUD

16 Nov 2022, 21:32 WIB

EDUKASIBORNEO, PONTIANAK - Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji bersama Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan menghadiri kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif dan Penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional 2021.

Hadir pula, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Harisson dan beberapa Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalbar.

Provinsi Kalbar mendapatkan 2 penghargaan dari Kemendikbud Ristek dan Dikti Republik Indonesia.

Dengan kategori Wiyata Dharma Madya yang diberikan kepada Lismaryani selaku Bunda PAUD Provinsi Kalbar dan kategori Wiyata Dharma Utama diberikan kepada Arita Apolina selaku Bunda PAUD Kabupaten Sanggau.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Ketua Pokja Regulasi dan Tata Kelola Satuan Pendidikan Direktorat PAUD, Muhammad Ngasmawi.

Pemberian Apresiasi Bunda PAUD merupakan upaya untuk merekognisi dan mengakselerasi peran Bunda PAUD dalam menggerakkan penyediaan layanan PAUD melalui Apresiasi Bunda PAUD.

Baca Juga : Live Instagram Edukasi Borneo, Ketekunan Florentina Delly Merawat Budaya Dayak


Pada kesempatan yang sama, Gubernur mengucapkan selamat kepada para peraih penghargaan dari Kemendikbud Ristek dan Dikti Republik Indonesia.

“Diharapkan Bunda PAUD lebih aktif dalam memajukan segala aspek PAUD di Provinsi Kalbar,” ujarnya saat membuka kegiatan di Pendopo Gubernur Kalbar Rabu, 16 November 2022.

“Kedepannya, kita harus memberikan perhatian lebih serius kepada tumbuh kembang anak, terutama usia anak 6 tahun kebawah karena perkembangan PAUD akan penting dalam mempersiapkan Generasi Emas,” imbuhnya.

Dalam mempersiapkan Generasi Emas, anak-anak harus diajari menumbuhkan kearifan lokal, karena kearifan lokal dapat memudahkan komunikasi antara orang tua dan anak serta memajukan anak itu sendiri.

“Contohnya seperti mengajari atau menyemangati anak untuk mau makan ikan, jangan ditakuti-takuti anak untuk makan ikan. Ikan sangat bagus untuk pertumbuhan dan kecerdasan, ini yang harus kita terapkan. Selain ikan, berikan susu karena tidak hanya berdampak pada kecerdasan otak, melainkan dapat meningkatkan imunitas pada anak tersebut. Dua hal ini jika digerakkan Insya Allah akan melahirkan generasi - generasi yang sangat hebat dan SDM yang baik dan juga memperkuat imunitas pada tubuh,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Bunda PAUD Provinsi Kalbar menyampaikan rasa syukurnya kepada Provinsi Kalbar dan Kabupaten Sanggau yang telah dapat meraih Penghargaan Apresiasi Bunda PAUD.

“Alhamdulillah kita meraih Penghargaan Apresiasi Bunda PAUD, sedangkan Kab/Kota dari 514 Kab/Kota dan hanya 14 Kab/Kota seluruh Indonesia yang berhasil mendapatkannya yakni Kabupaten Sanggau,” ungkapnya.

Baca Juga : Gubernur Kalbar Menyerahkan Bansos di Kayong Utara

Keberhasilan dalam menyabet Penghargaan Apresiasi Bunda PAUD, Lismaryani mengaku sering berkoordinasi bersama Bunda PAUD Kab/Kota untuk kemajuan PAUD Kalbar.

“Karena mereka adalah Generasi Emas yang harus kita dukung dari sekolah, hingga kesehatan dan pengasuhannya. Jadi semua itu harus didahulukan untuk anak usia dini,” katanya.

Kegiatan itu juga dirangkaikan dengan penyerahan piala, piagam dan uang binaan kepada pemenang lomba Inovasi Cipta Permainan Anak Usia Dini dari bahan ramah lingkungan.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Annisa Januarsi
Sumber : Adpim Kalbar