Wednesday, 27/10 16:50:47
Satuan tugas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti dan Tentara Diraja Malaysia (TDM) Batalion 500 dan TDM Batalion 602 memperkuat kerja sama pengamanan perbatasan Indonesia-Malaysia di Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Home > Kabar Pendidikan > Kabar Kampus

HMTI Untan Gali Potensi Pelajar Kalbar Melalui Lomba Kreativitas

28 Jul 2021, 09:00 WIB
Kampus Universitas Tanjungpura Pontianak (Ant)

EDUKASIBORNEO, PONTIANAK - Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) Universitas Tanjungpura ikut andil menggali bakat dan potensi pelajar di Kalimantan Barat diantaranya dengan menggelar Lomba Kreativitas dan Inovasi 2021.

"Kegiatan ini yang juga rangkaian memperingati Dies Natalis Teknik Industri yang ke-13 bertemakan Peran Generasi Muda dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal demi Mewujudkan SDGs 2030," ujar Ketua Jurusan Teknik Industri Universitas Tanjungpura, Dr. Yopa Eka Prawatya, ST, MEng, IPM di Pontianak, Selasa 27 Juli 2021.

Ia menjelaskan bahwa Lomba Kreativitas dan Inovasi 2021 ini akan dilaksanakan pada 28 Agustus mendatang  dengan dua kategori business plan  dan lomba video kreatif.

Baca Juga : Saat Pandemi, Ternak Hamster Dapat Raup Puluhan Juta

"Perlombaan ini dilaksanakan secara online, sehubungan dengan penerapan protokol kesehatan COVID-19. Diselenggarakan gratis dengan syarat peserta merupakan siswa/siswi SMA sederajat se-Kalbar," katanya.

Ia menjelaskan bahwa generasi muda menjadi penentu dalam tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs) demi menciptakan tatanan dunia yang lebih baik pada 2030 nanti.

"Kondisi pandemi COVID-19 tentunya berpengaruh pada upaya pencapaian target SDG pada 2030, namun sesungguhnya disinilah generasi muda berperan untuk terus berkarya sebagai pelaku pembangunan sesuai dengan prinsip inklusivitas SDGs yaitu tidak ada satupun yang tertinggal," jelasnya.

Kegiatan lomba tersebut menurutnya juga untuk mendorong generasi muda khususnya siswa/siswi SMA sederajat se-Kalbar untuk tetap partisipatif, aktif, kreatif dan inovatif dalam menyukseskan SDGs.

Baca Juga : Kota Pontianak Turun ke Zona Oranye Penyebaran COVID-19 PPKM Level 4 Tetap Lanjut

"Salah satunya menjadi generasi muda yang bermanfaat dengan membuka lapangan pekerjaan dan memperhatikan kearifan lokal. Ini sekaligus menjadi tantangan mengingat generasi muda merupakan aset jika berperan positif dan resiko jika berperan negatif dalam menghadapi terpaan globalisasi yang masif. Mayoritas generasi muda menjadi pribadi yang serba instan, canggih dan modern. Sehingga dengan adanya kegiatan ini diharapkan kontribusi generasi muda terhadap kearifan lokal tetap berjalan beriringan dengan kemajuan teknologi digital," katanya.

Sementara itu, Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Tanjungpura, Aditya Eza Nugraha juga menambahkan bahwa lomba yang digelar salah satu program kerja HMTI diadakan setiap 1 tahun sekali.

"Lomba ini adalah wadah untuk siswa siswi SMA sederajat, untuk menyalurkan minatnya terhadap video kreatif dan business plan, demi mendukung program pemerintah terkait SDGs 2030. Diharapkan siswa-siswi bisa menumbuhkan dan mengembangkan peran pelajar dalam pembangunan yang ada, khususnya di Kalimantan Barat," katanya.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Tim Redaksi
Sumber : Antara