Thursday, 23/09 07:15:59
Bupati Kayong Utara, Kalimantan Barat, Citra Duani menyampaikan bahwa penerbitan penetapan lokasi rencana bandara baru di daerahnya telah ditandatangani oleh Menteri Perhubungan.

Home > Tips Edukasi

Hobi Menulis, Yuk Intip Keuntungan Menjadi Penulis

13 Jul 2021, 00:20 WIB
Ilustrasi orang membaca buku.(EBC)

EDUKASIBORNEO, PONTIANAK – Membaca dan menulis dua diantara aktivitas manusia yang sangat produktif dalam rangka mengasah intelegensi dan daya ingat.

Namun masih banyak diantara kita yang belum konsisten membaca walau cuma 5 sampai 15 menit. Sebetulnya ini adalah salah satu kebiasaan yang harus dimulai sejak dini.

Kita sebagai insan manusia yang tidak pernah puas dengan apa yang didapatkan, haus mencari dan menggali kemampuan diri, ilmu pengetahuan, materi untuk kehidupan.

Menggali ilmu pengetahuan dan keterampilan diri misalkan, menjadi sangat menyenangkan sekaligus menantang.

Baca Juga : Yuk Cari Tahu, Orang yang Sudah Terinfeksi COVID 19 Mengapa Bisa Terinfeksi Kembali

Lewat bacaan lama kelamaan kita terbiasa membaca, kemudian terbiasa mempertanyakan sesuatu dan mencari jawabannya. Untuk dianalisis, pada akhirnya menarik kesimpulan dengan menuliskannya minimal di catatan harian dan media sosial.

Lewat kebiasaan itu diantara kita pastinya ada yang tertarik membuat tulisan untuk diperlombakan, membuat buku, menulis di website, blogspot, aplikasi novel berbaya dan media tulis yang lain.

Menjadi penulis memiliki kebanggaan tersendiri, dan punya nilai prestisius di masyarakat.

Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan Mental Dimasa PPKM Darurat

Sebetulnya apa aja sih keuntungan menjadi penulis :

1. Wawasan anda menjadi semakin luas dan dapat membantu orang lain

2. Mengetahui skill gaya menulis yang menjadi ciri khas dirimu

3. Menambah income atau pemasukan, berupa materi dari hasil penjualan buku

4. Melatih komunikasi, sebab dibutuhkan public speaking yang bagus untuk memasarkan buku dan berkomunikasi dengan orang lain membahas karyamu, karya orang lain, dunia literasi dan perbincangan secara acak lainnya.

5. Membangun self confident atau kepercayaan diri, yang harusnya dibangun agar dapat menghadapi dunia belajar, kerja, dan bermasyarakat.

6. Memperbanyak pertemanan, relasi atau networking. Jelas lingkaran pertemanan atau networking kamu akan lebih luas sebab kemungkinan bertemu banyak orang dari berbagai kalangan lebih besar

7. Sarana untuk self expression, mengeksplor imajinasi menjadikan ide-ide atau gagasan yang kamu miliki tersampaikan dengan baik kepada pembaca.

8. Ajang untuk personal branding, sebab dengan kepandaian menulis kamu telah menciptakan atau mempengaruhi persepsi publik atau seseorang atas apa yang kamu lakukan saat ini dengan menjadi penulis.

Itu sedikit dari banyak hal yang bisa kamu dapatkan dengan menekuni dunia kepenulisan, semua itu kelak suatu hari kamu sadari perubahan diri ke arah yang lebih baik. 

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Annisa Januarsi
Sumber : Edukasi Borneo