Kajian tentang dunia politik memang selalu menawarkan hal menarik untuk dibahas, dianalisis, atau diamati dari berbagai sudut pandang.

Home > Edukasi

IAIN Pontianak Teken MOU dengan AWS, Wujudkan Smart Campus Berbasis Paperless Office "Dokumen Digital"

01 Jul 2022, 10:53 WIB
Rektor IAIN Pontianak, Dr Syarif (kiri) dan Bimo. Y. Arie Prabowo sebagai Education Lead AWS (kanan) teken Memorandum of Understanding (MoU) dengan Amazon Web Service (AWS) untuk wujudkan kampus berbasis Paperless Office.(Ist/IAIN Pontianak)

EDUKASIBORNEO, PONTIANAK – IAIN Pontianak melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Amazon Web Service (AWS) untuk wujudkan kampus berbasis Paperless Office.

Paperless office adalah sebuah sistem yang diciptakan untuk mengelola administrasi dengan pengurangan atau peniadaan penggunaan kertas dan beralih ke dokumen digital.

Hadir dalam pertemuan itu Wakil Rektor Bidang AUPK, Kepala Biro AUAK, Kabag Akademik dan Kemahasiswaan, Koordinator Bagian Umum, perwakilan dari Koordinator Bagian Perencanaan dan Keuangan, Kepala PTID, Pranata Komputer, serta anggota PTID lainnya.

Rektor IAIN Pontianak, Dr Syarif menyambut baik kerjasama itu dan memiliki harapan besar dalam rangka mewujudkan Visi-nya menuju kampus berbasis Paperless Office.

Ia mengungkapkan bahwa, IAIN Pontianak harus memiliki Cloud storage atau media penyimpanan fail berbasis daring atau digital yang mengandalkan koneksi internet untuk akses data. Cloud storage akan disimpan di sejumlah server yang dikelola oleh pihak penyedia layanan.

“Cloud adalah solusi atas persoalan yang sering dihadapi oleh IAIN Pontianak. Diantara penyebabnya karena kita kurang mampu membeli server yang harganya mahal. Kedua di Kota kita masih sering terjadinya pemadaman listrik, yang mengakibatkan barang sering rusak. Imigrasi data dari server IAIN Pontianak ke cloud sangat diperlukan,” ujarnya dalam sambutan di Ruang Rapat Senat Gedung Rektorat, pada Rabu 22 Juni 2022 lalu.

Baca Juga : Perdana, IKIP PGRI Pontianak Luluskan 22 Mahasiswa Tanpa Skripsi


“Kerjasama ini harus diseriusi dengan berbagai kerjasama yang bermanfaat bagi IAIN Pontianak. Semuanya untuk kemudahan layanan masyarakat khususnya mahasiswa. Semoga hal ini menjadi penguatan dalam program Smart Campus di IAIN Pontianak,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bimo. Y. Arie Prabowo sebagai Education Lead AWS mengatakan bahwa, beberapa bidang kerjasama yang dapat dilakukan seperti bidang pendidikan, program rintisan, program pelatihan dan sertifikasi, akselerasi inovasi dan adopsi teknologi.

“Kerjasama ini akan menjawab apa saja persoalan mendasar yang ada di IAIN Pontianak, serta apa saja yang bisa di bantu oleh AWS. Selain itu AWS akan berupaya memperkuat Visi besar Rektor IAIN Pontianak untuk mewujudkan smart campus. Hal ini perlu diterjemahkan secara teknis, seperti harus ada persiapan teknologi dan sumber daya manusia,” sebutnya.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Annisa Januarsi
Sumber : IAIN Pontianak