Kajian tentang dunia politik memang selalu menawarkan hal menarik untuk dibahas, dianalisis, atau diamati dari berbagai sudut pandang.

Home > News

Jokowi Kenakan Pakai Adat Sultan Buton Saat Upacara HUT ke 77 RI di Istana Negara

17 Aug 2022, 14:48 WIB
Presiden Jokowi Saat Mengenakan Pakai Adat Sultan Buton Dolomani saat Pimpin Upacara Detik-detik Proklamasi di Istana Negara, Rabu 17 Agustu 2022

EDUKASI BORNEO - Presiden Joko Widodo selalu menjadikan momen HUT Kemerdekaan sebagai untuk memamerkan kekayaan budaya di Indonesia.

Satu di antaranya dengan menggunakan pakai adat daerah saat menjadi inspektur upacar detik-detik proklamasi 17 Agustus 2022.

Pada HUT ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia Jokowi memilih baju adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara.

“Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini baju Dolomani dari Buton,” ujar Presiden Jokowi menjawab pertanyaan wartawan di halaman Istana Merdeka, Rabu 17 Agustus 2022.

Baca Juga : 15 Link Twibbon Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77


Dolomani yang dikenakan Jokowi didominasi warna merah dengan larik berwarna putih dengan celana merah yang dipadukan dengan kain setengah tiang.

Tampak pula kris yang diselipkan di selala Presiden RI itu.

Jokowi juga menggunakan peci berwarna merah dengan motif putih

Berdasarkan sumber yang dihimpun Edukasi Borneo, Baju Adat Dolomani merupakan pakaian kebesaran Sultan Buton.

Saat upacara-upacara resmi Kesultanan, Baju Dolomani selalu menjadi pakaian yang dikenakan Sultan.

Presiden Jokowi memang kerap mengenakan baju adat dalam tiap perayaan HUT kemerdekaan RI. Pada perayaan HUT ke-72 RI pada 17 Agustus 2017 misalnya, Presiden mengenakan pakaian adat Tanah Bumbu, Batulicin, Provinsi Kalimantan Selatan.

Pada HUT ke-73 RI pada 17 Agustus 2018, Presiden Jokowi memilih pakaian adat Aceh untuk dikenakan. Selanjutnya pada HUT ke-74 RI tahun 2019, Presiden Jokowi mengenakan baju adat Klungkung dari Provinsi Bali.

Setelah itu, pada HUT ke-75 RI tahun 2020, Kepala Negara mengenakan pakaian adat Timor Tengah Selatan dari Provinsi Nusa Tenggara Timur, dengan kain tenun Berantai Kaif Nunkolo.

Adapun pada HUT ke-76 RI tahun 2021 lalu, Presiden memilih untuk mengenakan baju adat Pepadun dari Provinsi Lampung.

Menurut Presiden Jokowi, Indonesia memiliki kekayaan adat budaya yang sangat tinggi, termasuk dalam hal pakaian adat. Untuk itu, Presiden akan terus mengangkat berbagai pakaian adat tersebut untuk dipakai dalam berbagai kesempatan. (*)

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Tim Redaksi
Sumber : Edukasi Borneo