Materi PKn SMA Kelas 10 Semester Ganjil Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

Home > News

Kabar Gembira! Presiden Joko Widodo Umumkan Buka Kembali Keran Ekspor CPO

19 May 2022, 21:31 WIB
Presiden Joko Widodo Saat Umumkan Pembukaan Kembali Keran Ekspor CPO. (YT Sekretariat Presiden)

EDUKASI BORNEO, PONTIANAK – Presiden Joko Widodo secara kembali membuka keran ekspor CPO pada Senin, 23 Mei 2022.

Presiden Joko Widodo menilai kebijakan larangan ekspor CPO yang diterapkan sebulan lalu berhasil meningkatkan ketersedian minyak goreng secara nasional.

“Berdasarkan pantauan di lapangan dan laporan berbagai pihak, pasokan minyak goreng terus bertambang. Kebutuhan nasional sekitar 194 ribu ton perbulan telah tercukup,” ujar Jokowi Kamis 19 Mei 2022.

Joko Widodo mengklaim bahwa sejak penerapan larangan ekspor CPO, pasokan 211 ribu ton minyak goreng perbulan berhasil terpenuhi. Indikator tersebut menjadi tanda bahwa keterbutuhan nasional bulanan sudah terpenuhi.

BACA JUGA : Kesehatan Mental Pekerja di Sekolah


 

Pemerintah sebelumnya melarang ekspor CPO dan minyak goreng per 28 April 2022, sebagai upaya untuk stabilitas kebutuhan minyak goreng dalam negeri.

“Meskipun ekspor dibuka, pemerintah akan tetap mengawasi dan memantau dengan ketat agar pasokan terpenuhi dan terjangkau,” tegasnya.

Kebijakan diambil untuk menjaga stabilias harga dan pasokan minyak goreng di dalam negeri.

Ia menerangkan dampak positif dari larangan ekspor tersebut juga berkontribusi terhadap penurunan harga rata-rata minyak goreng di pasaran. Harga rata-rata semula berkisar Rp 19.800 turun menjadi Rp 17.200 hingga Rp 17.600.

“Walaupun ada beberapa daerah yang harga minyak gorengnya relatif tinggi, tapi saya yakini dalam beberapa minggu ke depan harga minyak goreng curah akan menuju harga yang kita tentukan karena ketersediaan semakin melimpah,” kata Jokowi.

Didasarkan pertimbangan 17 Juta pekerja dan petani yang berada di industri perkebununan sawit membuat pemerintah akhirnya mengambil keputusan untuk membuka kembali keran ekspor.

Presiden Jokowi juga meyakini bahwa beberapa minggu ke depan harga minyak goreng curah akan semakin terjangkau sesuai dengan ketentuan yang telah di atur pemerintah.

"Meskipun ekspor dibuka pemerintah akan tetap mengawasi dan memantau dengan ketat untuk memastikan pasokan tetap terpenuhi dengan harga terjangkau," tegasnya. (*)

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Tim Redaksi
Sumber : Edukasi Borneo