Kajian tentang dunia politik memang selalu menawarkan hal menarik untuk dibahas, dianalisis, atau diamati dari berbagai sudut pandang.

Home > News

Kemarin, Gempa 3.1 Magnitudo Mengguncang Kabupaten Landak

15 Sep 2022, 21:16 WIB
Titik Gempabumi di Kabupaten Landak, Kalimatan Barat yang berkekuatan 3,1 magnitudo terjadi pada pukul 10.45 hingga 12.00 WIB dan tidak berpotensi gempabumi susulan.(Ist/BMKG Kalbar)

EDUKASIBORNEO, PONTIANAK – Rabu, 14 September 2022 kemarin wilayah Kabupaten Landak diguncang gempa tektonik berkekuatan 3,1 magnitudo.

Gempa yang terjadi dari pukul 10.45 hingga 12.00 WIB itu tidak menunjukan adanya aktivitas gempabumi susulan.

Badan Metereologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) Kalimantan Barat mengungkapkan bahwa, dari hasil analisis BMKG gempabumi itu memiliki parameter dengan magnitude 3,1.

“Dengan Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,85 derajat Lintang Utara dan 110,04 derajat Bujur Timur,” terang BMKG dalam laman resminya.

“Gempabumi itu tepatnya berada di Darat dengan jarak 56 kilometer Timur Laut Kabupaten Landak pada kedalaman 10 kilometer,” jelas BMKG.

Baca Juga : Gubernur Kalbar Launching Logo dan Maskot MTQ ke XXX Provinsi Kalbar Disaksikan Wabup Farhan dan Perangkat OPD


BMKG Kalbar menegaskan bahwa dari hasil analisis dan monitoring BMKG gempabumi yang terjadi itu merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal.

Guncangan gempabumi itu dirasakan hingga di daerah Kecamatan Air Besar dengan skala II – III MMI.

Masyarakat merasakan getaran, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Annisa Januarsi
Sumber : Edukasi Borneo