Wednesday, 27/10 16:02:39
Satuan tugas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti dan Tentara Diraja Malaysia (TDM) Batalion 500 dan TDM Batalion 602 memperkuat kerja sama pengamanan perbatasan Indonesia-Malaysia di Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Home > Kabar Pendidikan > Kabar Kampus

Kemendikbudristek Luncurkan Sistem Layanan Dosen yang Terintegrasi

19 Aug 2021, 14:32 WIB
Tangkapan layar Direktur Sumber Daya Ditjen Diktiristek, Dr Mohammad Sofwan Effendi, dalam taklimat media di Jakarta, Kamis (19/8/2021). (Ant)

EDUKASIBORNEO, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) meluncurkan layanan yang diperuntukkan bagi dosen yang terintegrasi.

“Peluncuran Laman penilaian angka kredit (PAK), Selancar PAK Mobile, SISTER BKD, dan API Portofolio SISTER merupakan langkah awal dalam manajemen transformasi sumber daya manusia di jenjang pendidikan tinggi,” ujar Direktur Sumber Daya Ditjen Diktiristek, Dr Mohammad Sofwan Effendi, dalam taklimat media di Jakarta, Kamis 19 Agustus 2021.

Dia menambahkan layanan terintegrasi tersebut berorientasi pada dua poros perubahan, yakni substansi dengan mengintegrasikan karier dan kompetensi dosen, dan tata kelola SDM melalui inovasi layanan.

Baca Juga : Lima Tim Indonesia Juarai Rangkaian Shell Eco-Marathon Virtual League 2021

Layanan terintegrasi tersebut, lanjut dia, dipercaya dapat mengurangi beban administrasi dosen. Dengan demikian para dosen dapat lebih fokus pada Tridharma perguruan tinggi.

Ditjen Diktiristek meluncurkan Laman PAK yang telah dirancang ulang dan lebih interaktif. Berikutnya yakni Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER) Beban Kerja Dosen (BKD) yang merupakan aplikasi mobile yang mengintegrasikan konten dengan SK Lektor Kepala dan Guru Besar, sehingga dosen dengan mudah memantau perkembangan usulan jabatan fungsional dari tahapan PAK ke SK secara terintegratif.

Selanjutnya, Selancar PAK Mobile yang merupakan aplikasi mobile dari Laman PAK. Terakhir, API Portofolio SISTER yang menghubungkan aplikasi berbeda dalam platform yang sama maupun yang berbeda.

“Terutama bagi perguruan tinggi yang menggunakan aplikasi yang berbeda,” katanya.

Plt. Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek, Prof Nizam, mengatakan peluncuran tersebut merupakan wujud komitmen Diktiristek dalam memberikan layanan terbaik bagi insan pendidikan tinggi.

Baca Juga : Mendikbudristek Lepas 970 Mahasiswa Ikuti Pertukaran ke 28 Negara

“Hal ini penting, karena kita selalu berbicara mengenai daya saing bangsa, kemajuan inovasi, SDM unggul. Itu semua kuncinya pada produktivitas dari setiap individu untuk bisa melakukan yang terbaik dalam lingkup kerja kita,” katanya.

Dia menambahkan terkadang beban administrasi dosen cukup ribet, untuk itu pihaknya membangun sistem yang lebih efektif, efisien dan mengurangi pengulangan yang tidak perlu. Dengan demikian, diharapkan upaya Tridharma insan perguruan tinggi lebih optimal.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Tim Redaksi
Sumber : Antara