Contoh Soal dan Kunci Jawaban UAS/PAS PKn SMA Kelas 10 Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022-2023

Home > News

Kenali Perbedaan Growth Mindset Dan Fixed Mindset

07 Sep 2021, 23:01 WIB
Ilustrasi EBC

EDUKASIBORNEO, PONTIANAK - Apakah teman edukasi tahu istilah growth mindset dan fixed mindset ? istilah itu bertujuan untuk menggambarkan sebuah bentuk pola pikir manusia. 

Growth mindset yaitu sebuah pola pikir yang bisa menerima berbagai macam informasi, biasanya orang yang memiliki pola pikir itu cenderung didominasi oleh pemikiran serta sikap yang positif terhadap segala hal yang dihadapi. 

Sedangkan fixed mindset berbanding terbalik dengan pemikiran growth mindset, fixed mindset bisa diartikan sebagai pola pikir yang tidak bisa menerima segala pemikiran baru atau menutup diri terhadap informasi. Orang yang memiliki pola pikir ini akan sulit berubah dan belajar hal baru. 

Berikut karakteristik growth mindset dan fixed mindset.

Karakteristik growth mindset 

Seseorang yang memiliki pola pikir ini selalu berkeinginan untuk menjadi lebih baik lagi, memiliki rutinitas yang positif dan suka belajar hal-hal baru , serta mengembangkan diri dengan mencapai target-target yang telah dibuat . Saat mengalami kegagalan orang yang memiliki pola pikir growth mindset akan melihat kegagalan tersebut menjadi pembelajaran sehingga menjadi lebih baik lagi. 

Baca Juga : Mahasiswa Kirim Email ke Dosen, Intip Tata Caranya 

Baca Juga : 7 Waktu yang Baik Minum Air Putih

Karakteristik fixed mindset 

Seseorang yang memiliki pola pikir ini selalu memandang sesuatu secara negatif, tidak menyukai tantangan dan selalu menganggap apapun sia-sia. Melihat kesuksesan orang lain sebagai ancaman dan bukan motivasi , seseorang yang memiliki pola pikir ini juga sulit menerima feedback dari orang lain dan selalu merasa cukup dan tidak perlu melakukan perubahan. 

Itulah perbedaan antara growth mindset dan fixed mindset yang harus teman edukasi ketahui.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Yoga Indrawan
Sumber : Edukasi Borneo