Wednesday, 27/10 17:49:35
Satuan tugas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti dan Tentara Diraja Malaysia (TDM) Batalion 500 dan TDM Batalion 602 memperkuat kerja sama pengamanan perbatasan Indonesia-Malaysia di Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Home > Daerah > Sanggau

Kendaraan Wajib Uji KIR, Dishub Lakukan Koordinasi Monitoring Berkala Dump Truck Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau

02 Sep 2021, 21:25 WIB
Kunjungan Dinas Perhubungan Sanggau Disambut Baik Dinas Lingkungan Hidup Sanggau dalam Rangka Koordinasi dan Monitoring Kendaraan Wajib Uji KIR yakni Dump Truck, Kamis 2 September 2021.(Ist/Prokopim Sanggau)

EDUKASIBORNEO, SANGGAU - Dinas Perhubungan Kabupaten Sanggau berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau dalam rangka monitoring kendaraan yang wajib uji KIR.

Kabid lalu Lintas dan Angkutan Agus Supriyanto dan didampingi personil disambut baik dan diterima langsung Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau, Agus Sukanto.

Agus Supriyanto mengungkapkan bahwa, di Dinas Lingkungan Hidup termasuk dinas yang mempunyai kendaraan wajib KIR terutama dump truk angkutan sampah.

“Kami sangat berharap kendaraan angkutan sampah tersebut dapat dilakukan uji KIR,” ujarnya Kamis, 2 September 2021.

Baca Juga : Kejari Entikong Sita Tanah Mantan Kades Yang Korupsi APBDes 2019

Dalam kesempatan itu, dia juga memberikan saran terkait penempatan TPS dan Kontaner yang dilakukan untuk menjaga keselamatan baik petugas kebersihan maupun pengguna jalan.

Sementara itu, Kepala UPTD PKB Andrew Setiawan menerangkan bahwa, peraturan uji KIR tertuang dalam Undang-Undang No. 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan (LLAJ) pasal 53 ayat 1 yang menyatakan; uji berkala wajib dilakukan untuk mobil penumpang umum dan mobil barang, bus, mobil berkereta gandengan dan berkereta tempelan yang beroperasi di jalan.

Lalu pada ayat 2, pengujian berkala tersebut meliputi kegiatan, pemeriksaan dan pengujian fisik, serta pengesahan hasil uji.

Baca Juga : Satgas Pamtas Bantu Bersihkan Material Longsor di Rumah Warga Entikong

Sementara waktu pelaksanaannya, dijelaskan pada pasal 5 ayat 3 Peraturan Menteri Perhubungan Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor (Permenhub PBKB) yang menyatakan uji KIR perdana dilakukan paling lama satu tahun setelah terbit STNK yang pertama kali.

Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Sanggau Agus Sukanto mengucapkan terima-kasih atas kunjungan itu.

“Terima-kasih atas kunjungannya, dengan kunjungan dari Dishub ini kami akan berusaha untuk melaksanakan Uji KIR terhadap kendaraan operasional kami” tutupnya.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Annisa Januarsi
Sumber : Prokopim Sanggau