Kajian tentang dunia politik memang selalu menawarkan hal menarik untuk dibahas, dianalisis, atau diamati dari berbagai sudut pandang.

Home > Edukasi

KEREN, IKIP PGRI Pontianak Perguruan Tinggi Peringkat 3 Nasional

09 Aug 2021, 16:54 WIB
Tampak Depan Rektorat IKIP PGRI Pontianak.(Ist/Ikippgripontianak)

EDUKASIBORNEO, PONTIANAK – IKIP PGRI Pontianak per Juli 2021 menduduki peringkat ke 3 nasional diantara perguruan tinggi PGRI lainnya di Indonesia.

Webometricks adalah sebuah sistem atau perancang penilaian yang coba mengukur perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh dunia berdasarkan penilaian kuantitatif terhadap penggunaan sumber daya dan teknologi informasi melalui website universitas itu.

“Penilaian Webometricks itu berdasarkan kriteria pemanfaatan website, sitasi, dan penelitian yang dihasilakan kawan-kawan dosen,” ujar Rustam Rektor IKIP PGRI Pontianak Senin 9 Agustus 2021.

“Artinya prestasi memberdayakan halaman website dari domain dan subdomain IKIP itu benar – benar kita wujudkan,” tuturnya.

Baca Juga : Pembelajaan Adaptif Solusi Atasi Learning Gap

Dalam perangkingan Webometrick yang berada di luar negeri itu IKIP PGRI Pontianak menduduki uturan ke 8.170 di dunia, kemudian peringkat 209 dari lima ribuan universitas yang ada di Indonesia.

Sejak menjabat 2 tahun lalu, Rustam selalu menekankan akan pentingnya informasi terpadu yang saling keterkaitan, dan pentingnya seluruh dosen untuk mengakses website – website baik dari Kemdikbudristek, LLDIKTI wilayah XI, maupun berbagai informasi dari perguruan tinggi lainnya untuk dapat bekerja sama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Rustam mengutarakan rasa syukur atas pencapaian IKIP PGRI Pontianak.

“Alhamdulillah, saya mengucapkan banyak-banyak terimakasih kepada lembaga perguruan tinggi, wakil-wakil rektor, dekan dan wakil dekan, Ketua Program Studi beserta seluruh dosen yang telah bersama berusaha konsisten menjamin mutu pendidikan,” ujarnya.

“Mudah-mudahan hasil ini menjadi stater point kita lah, untuk memulai lagi, di masa COVID 19 yang sudah 2 tahun ini,” tuturnya.

Baca Juga : Penyelenggaraan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Sesuai Kondisi Pandemi

Dia juga meyakinkan masyarakat untuk tidak ragu menghantarkan anaknya ke IKIP PGRI Pontianak.

“Untuk itu, masyarakat Kalbar tak perlu ragu menitipkan anaknya ke IKIP PGRI Pontianak untuk menjadi guru profesional. Sebab, IKIP telah menunjukan jati diri sebagai perguruan terbaik seluruh Indonesia,” tambahnya.

Rustam bersama 216 dosen yang sesuai dengan disiplin ilmu keprofesian di IKIP PGRI Pontianak selalu berusaha keras untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM) baik di tingkat nasional dan internasional.

Rektor yang sangat mengedepankan transparansi perguruan tinggi itu mengutamakan transparansi jumlah kutipan dari penulis di Google dan Google Scholar.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Annisa Januarsi
Sumber : Edukasi Borneo