Thursday, 22/04 18:50:20
Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan Asosiasi Game Indonesia meluncurkan buku digital berjudul Peta Ekosistem Industri Game Indonesia 2020.

Home > Daerah > Ketapang

Ketapang Bangun Food Estate di Kecamatan Matan Hilir Selatan

24 Feb 2021, 22:10 WIB
Plh. Bupati Ketapang Suherman (Ist/Dokumentasi Humpro Ketapang)

EDUKASIBORNEO, PONTIANAK – Plh. Bupati Suherman mengatakan lokasi pembangunan food estate di Kabupaten Ketapang terletak di wilayah Kecamatan Matan Hilir Selatan, dengan luas lahan sekitar 32.600,48 hektar area, mengusung konsep kawasan agroforestri dan industri.

“Pembangunan Food Estate terletak di wilayah Kecamatan Matan Hilir Selatan, dengan luas lahan sekitar 32.600,48 hektar area, mengusung konsep kawasan agroforestri dan industri,” ujarnya saat menggelar konsultasi publik Penyusunan KLHS Pembangunan Food Estate Kabupaten Ketapang di ruang rapat utama Kantor Bupati Ketapang, Selasa 23 Februari 2021 kemarin.

Program strategis pembangunan food estate tersebut sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun Anggaran 2020-2024.

Baca Juga : Pemda Gelar Konsultasi Publik Pembangunan Food Estate di Ketapang

Baca Juga : BPN Kalbar Target 2021 Redistribusi 69.000 Sertifikat Tanah

Suherman dalam kesempatan itu juga menjelaskan bahwa ketahanan pangan telah menjadi isu global pasca pandemi COVID 19, sesuai dengan peringatan dari organisasi pangan dan pertanian dunia FAO (Food and Agriculture Organization) yang mengingatkan akan potensi krisis pangan dunia di masa pandemi COVID 19.

“Berdasarkan data PDRB (Produk Domestik Bruto) pada 3 tahun terakhir, sektor pertanian, kehutanan dan perikanan adalah penyumbang terbesar dalam PDRB Kabupaten Ketapang selain pertambangan dan industri pengolahan,” ungkapnya.

Selain itu, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat A. L. Leysandri yang juga Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID 19 Kalimantan Barat, bersama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar Horisson dan Kepala BPBD Kalbar Christianus Lumano telah berkoordinasi untuk mensinergiskan langkah-langkah penanganan masalah kebutuhan pangan agar dapat dikendalikan sehingga masyarakat tidak resah

Pemerintah Kabupaten Ketapang berharap setelah melaksanakan konsultasi publik penyusunan KLHS didapat masukan positif, konstruktif dan kata sepakat sehingga pembangunan food estate yang telah direncanakan dengan matang dapat segera terwujud. 

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Annisa Januarsi
Sumber : Humpro Ketapang