Kajian tentang dunia politik memang selalu menawarkan hal menarik untuk dibahas, dianalisis, atau diamati dari berbagai sudut pandang.

Home > Edukasi

Keunggulan Kurikulum Merdeka Dalam Paradigma Merdeka Belajar

29 Jul 2022, 13:30 WIB
Ilustrasi Merdeka Belajar.(Ist/Kemendikbudristek RI)

EDUKASIBORNEO, PONTIANAK - Sejak Ajaran 2021/2022 Kurikulum Merdeka telah diimplementasikan di hampir 2.500 sekolah yang mengikuti Program Sekolah Penggerak (PSP) dan 901 SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) sebagai bagian dari pembelajaran dengan paradigma baru.

Keunggulan Kurikulum Merdeka Sebagai Kurikulum pada Merdeka Mengajar Dan mulai tahun ajaran yang sama satuan pendidikan dapat memilih untuk mengimplementasikan kurikulum berdasarkan kesiapan masing-masing mulai TK B, kelas I, IV, VI, dan X.

Tiga pilihan yang dapat diputuskan satuan pendidikan tentang implementasi Kurikulum Merdeka pada Tahun Ajaran 2022/2023:

- Menerapkan beberapa bagian dan prinsip Kurikulum Merdeka, tanpa mengganti kurikulum satuan pendidikan yang sedang diterapkan

- Menerapkan Kurikulum Merdeka menggunakan perangkat ajar yang sudah disediakan

- Menerapkan Kurikulum Merdeka dengan mengembangkan sendiri berbagai perangkat ajar.

Keunggulan Kurikulum Merdeka

Untuk mengetahui lebih lanjut pertimbangan apa saja mengenai kurikulum merdeka dan apa saja keunggulan dari Kurikulum Merdeka anda dapat menyimak penjelasan lengkapnya sebagai berikut:

1. Lebih Sederhana dan Mendalam

Fokus pada materi yang esensial dan pengembangan kompetensi peserta didik pada fasenya. Belajar menjadi lebih mendalam, bermakna, tidak terburu-buru dan menyenangkan.

Baca Juga : Kurikulum Merdeka Dijadikan Opsi, Mengapa Tidak Langsung Diterapkan di Sekolah Simak Penjelasannya


2. Lebih Merdeka

- Peserta didik: tidak ada program peminatan di SMA, peserta didik memilih mata pelajaran sesuai minat, bakat, dan aspirasinya.

- Guru: guru mengajar sesuai tahap capaian dan perkembangan peserta didik.

- Sekolah: memiliki wewenang untuk mengembangkan dan mengelola kurikulum dan pembelajaran sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan dan peserta didik.

3. Lebih Relevan dan Interaktif

Pembelajaran melalui kegiatan projek memberikan kesempatan lebih luas kepada peserta didik untuk secar aktif mengeksplorasi isu-isu actual misalnya isu lingkungan, kesehatan, dan lainnya untuk mendukung pengembangan karakter dan kompetensi Profil Pelajar Pancasila.

3. Jaminan Jam Mengajar dan Tunjangan Profesi Guru

Perubahan struktur mata pelajaran tidak merugikan guru dan semua guru yang berhak mendapatkan tunjangan profesi ketika menggunakan Kurikulum 2013 akan tetap mendapatkan hak tersebut.

4. Pelatihan dan Penyediaan Sumber Belajar Guru, Kepala Sekolah, dan Pemda

- Pelatihan mandiri bagi guru dan kepala sekolah melalui micro learning diaplikasi digital.

- Menyediakan berbagai narasumber dalam pelatihan Kurikulum Merdeka. Misalnya, melalui pengimbasan dari Sekolah Penggerak.

- Berbagai sumber belajar untuk guru dalam bentuk e-book, video, podcastdll., yang dapat diakses daring dan didistribusikan melalui media penyimpanan (flashdisk).

- Guru membentuk komunitas belajar untuk saling berbagi praktik baik dalamadopsi Kurikulum Merdeka, baik di sekolah maupun di komunitasnya.

Baca Juga : Fresh Graduate, Berikut Seputar Pertanyaan Saat Interview Kerja

Selain itu, penerapan Kurikulum Merdeka juga didukung oleh Platform Merdeka Mengajar. Platform Merdeka Mengajar membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman untuk menerapkan Kurikulum Merdeka.

a. Platform Merdeka Mengajar adalah platform edukasi yang menjadi teman penggerak untuk guru dalam mewujudkan Pelajar Pancasila.

b. Paltform Merdeka Mengajar menyediakan referensi bagi guru untuk mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Perangkat ajar yang sudah tersedia lebih dari 2000 referensi perangkat ajar berbasis Kurikulum Merdeka. Kemudian untuk asesmen murid dapat membantu guru melakukan analisis diagnostik literasi dan numerasi dengan cepat sehingga dapat menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan peserta didik.

6. Platform Merdeka Mengajar memberikan kesempatan yang setara bagi guru untuk terus belajar dan mengembangkan kompetensinya kapan pun dan dimana pun.

7. Pelatihan mandiri dapat memperoleh materi pelatihan berkualitas dengan mengaksesnya secara mandiri. Kemudian video inspirasi bisa sebagai wadah untuk mendapatkan beragam video inspiratif untuk mengembangkan diri dengan askes tidak terbatas.

Platform Merdeka Mengajar mendorong guru untuk terus berkarya dan menyediakan wadah berbagi praktik baik.

Fitur Bukti Karya Saya pada platform guru dapat membangun portofolio hasil karyanya agar dapat saling berbagi inspirasi dan berkolaborasi.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Tim Redaksi
Sumber : Edukasi Borneo