Ketua Yayasan Mujahidin Kalimantan Barat, Mulyadi mengatakan peringatan milad ke 42 tahun Lembaga Pendidikan Yayasan Mujahidin Kalimantan Barat ini sebagai moment refleksi peningkatan kualitas peserta didik dan pendidik.

Home > Tips Edukasi

Materi PKWU Kelas 10 Semester Genap Kemasan Kerajinan Dengan Inspirasi Objek Budaya Lokal

14 Jan 2022, 09:52 WIB
Ilustrasi (EBC)

EDUKASIBORNEO, PONTIANAK - Materi Prakarya dan Kewirausahaan semester genap kelas 10 dalam buku prakarya dan kewirausahaan Bab 1 wirausaha kerajinan dengan inspirasi objek budaya lokal sub materi kemasan kerajinan dengan inspirasi objek budaya lokal.

Kemasan untuk kerajinan berfungsi untuk melindungi produk dari kerusakan serta memberikan kemudahan membawa dari tempat produksi hingga sampai ke konsumen. Kemasan juga berfungsi untuk menambah daya tarik, dan sebagai identitas atau brand dari produk tersebut.

Fungsi kemasan didukung oleh pemilihan material, bentuk, warna, teks dan grafis yang tepat. Material yang digunakan untuk membuat kemasan beragam bergantung pada produk yang akan dikemas. Produk yang mudah rusak harus menggunakan kemasan yang memiliki material berstruktur.

Baca Juga : Materi PKWU Kelas 10 Semester Genap Produksi Kerajinan dengan Inspirasi Objek Benda Lokal

Pemilihan material juga disesuaikan dengan identitas atau brand dari produk tersebut. Daya tarik dan identitas,  selain ditampilkan oleh material kemasan, juga dapat ditampilkan melalui bentuk, warna, teks dan grafis. Pengemasan dapat dilengkapi dengan label yang memberikan informasi teknis maupun memperkuat identitas atau brand.

Kemasan dapat dibagi menjadi 3 yaitu.

a. Kemasan primer

Kemasan yang melekat pada produk disebut sebagai kemasan primer.

b. Kemasan sekunder

Kemasan sekunder berisi beberapa kemasan primer yang berisi produk.

c. Kemasan tersier

Kemasan untuk distribusi disebut kemasan tersier.

Baca Juga : Materi PKWU Semester Ganjil Kelas X Karakteristik, Faktor Penyebab Keberhasilan Dan Kegagalan Berwirausaha

Kemasan primer produk melindungi produk dari benturan dan kotoran, berfungsi menampilkan daya tarik dari produk serta memberikan kemudahan untuk distribusi dari tempat produksi ke tempat penjualan.

Perlindungan bisa diperoleh dari kemasan tersier yang membuat kemasan beragam bergantung pada produk yang akan dikemas. Kemasan produk sebaiknya memberikan identitas atau brand dari produk tersebut atau dari produsennya.

Material kemasan untuk melindungi dari kotoran dapat berupa lembaran kertas atau plastik. Tidak semua produk membutuhkan kemasan primer, tetapi setiap produk membutuhkan identitas. Identitas dapat berupa stiker atau selubung karton yang berisi nama dan keterangan.

Pada kemasan kerajinan dengan inspirasi budaya, dapat ditambahkan label atau lembaran keterangan yang berisi informasi tentang budaya lokal yang menjadi inspirasi.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Yayuk
Sumber : Edukasi Borneo