Thursday, 22/04 17:17:44
Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan Asosiasi Game Indonesia meluncurkan buku digital berjudul Peta Ekosistem Industri Game Indonesia 2020.

Home > Tips Edukasi

Materi Sejarah Peminatan Kelas X Ajaran 2020 – 2021

26 Feb 2021, 14:26 WIB
Ilustrasi Manusia Purba (EBC)

EDUKASIBORNEO, PONTIANAK - Materi mata pelajaran Sejarah Peminatan kelas X semester genap tahun ajaran 2020 sampai 2021 ini, peserta didik mempelajari manusia purba di Indonesia.

Di era new normal ini kemendikbud menelurkan kurikulum pembelajaran daring, khusus untuk mata pelajaran sejarah peminatan kelas X terdapat penyempitan materi. Sebab di masa pandemi materi yang disampaikan guru harus lah yang penting-penting saja.

Berikut 8 manusia purba di Indonesia :

1.Meganthropus Paleojavaicus (Manusia besar tua dari Jawa)

Berasal dari kata Mega yang artinya besar, Anthropus yang artinya manusia, Paleo artinya tua, dan Javanicus artinya Jawa. Ditemukan oleh G. H. R. Von Koningswald sekitar 1936 – 1941 di Sangiran, Jawa Tengah.

2. Pithecanthropus Mojokertensis

Penamaannya berasal dari Pithecos yang artinya kera dan Anthropus yang artinya manusia. Disimpulkan manusia kera dari mojokerto. Ditemukan oleh G. H. R. von Koenigswald di Mojokerto tahun 1936.

3. Pithecanthropus Erectus

Dinamai sebagai manusia yang berbadan tegak. Ditemukan oleh Eugene Dubois tahun 1891 di Lembah Bengawan Solo, Jawa Tengah.

4. Pithecanthropus Soloensis

Pithecanthropus Soloensis ditemukan G. H. R. von Koenigswald tahun 1931 di Desa Ngandong, Jawa Tengah. Pithecanthropus Soloensis artinya manusia kera berbadan tegak dari Solo.

5. Homo Wajakensis

Jenis manusia purba dari jenis homo erectus dikatakan ahli telah memiliki akal. Homo Wajakensis artinya manusia dari Wajak. Ditemukan oleh van Rietschoten tahun 1889 di Desa Wajak Jawa Timur. Fosil homo Wajakensis merupakan fosil pertama yang ditemukan di Benua Asia.

6. Homo Floresiensis

Homo Floresiensis yang artinya manusia dari Flores. Ditemukan oleh Peter Brown tahun 2002 di Pulau Flores, Nusa Tenggara Barat.

7. Homo Soloensis

Homo Soloensis artinya manusia dari Solo. Ditemukan oleh von Koenigswald tahun 1931 di Sangiran, Jawa Tengah.

8. Homo Sapiens

Homo Sapiens, artinya manusia cerdas atau bijaksana. Ditemukan oleh von Koenigswald tahun 1931 sampai 1934 di Desa Ngandong, Jawa Tengah.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Annisa Januarsi
Sumber : Edukasi Borneo