Thursday, 22/04 17:13:39
Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan Asosiasi Game Indonesia meluncurkan buku digital berjudul Peta Ekosistem Industri Game Indonesia 2020.

Home > Tips Edukasi

Materi Sosiologi Semester Genap Kelas X Teori-Teori Penyimpangan

25 Feb 2021, 08:16 WIB
Ilustrasi (Ist)

 EDUKASIBORNEO, PONTIANAK - Materi Sosiologi semester genap kelas X dalam buku sosiologi Bab 5 Penyimpangan Sosial sub materi teori-teori penyimpangan.

1. Teori biologis

Teori biologis melihat faktor biologis sebagai penyebab dari sebagian besar tindakan penyimpangan.

2. Teori psikologis

Teori menganggap bahwa ketidakmampuan menyesuaikan diri secara psikologis lah yang merupakan penyebab penyimpangan.

Baca Juga : Materi Sosiologi Semester Genap Kelas X Pengertian Perilaku Menyimpang

3. Teori sosialisasi

Teori ini menghubungkan penyimpangan dengan ketidakmampuan untuk menghayati nilai dan norma yang dominan di masyarakat. Ketidakmampuan mungkin disebabkan oleh sosialisasi dalam kebudayaan yang menyimpang.

4. Teori anomi

Teori menyatakan bahwa masyarakat kompleks cenderung menjadi masyarakat tanpa norma, yang tidak memberikan pedoman jelas yang dapat dipelajari dan dipatuhi orang.

5. Teori reaksi masyarakat (labeling theory)

Teori ini memusatkan perhatian pada pembuat peraturan dan para pelanggar peraturan. Pemberian cap menyimpang pada seseorang ser- ingkali merubah perlakuan masyarakat terhadap orang itu.

6. Teori konflik

Teori konflik terdiri atas teori konflik budaya yang menilai penyimpangan diawali dengan adanya pertentangan norma antara berbagai kebudayaan khusus yang berlainan. Teori konflik kelas sosial melihat penyimpangan bermula dari adanya perbenturan kepentingan antara kelas-kelas sosial yang berbeda.

7. Teori pengendalian

Teori ini menghubungkan penyimpangan dengan lemahnya ikatan- ikatan dengan lembaga-lembaga sosial di masyarakat, seperti keluarga, sekolah dan pekerjaan. Teori pengendalian memandang norma yang diakui dan pemberian hukuman yang sistematis sebagai alat kendali yang bermanfaat.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : yayuk
Sumber : Edukasi borneo