Kajian tentang dunia politik memang selalu menawarkan hal menarik untuk dibahas, dianalisis, atau diamati dari berbagai sudut pandang.

Home > Edukasi

Mengenal Jurusan Teknik Informatika, Bisa Kerja di Mana Lulusannya

07 Aug 2022, 11:30 WIB
Ilustrasi Seseorang yang Memilih Jurusan Teknik Informatika.(ebc/freepik)

EDUKASIBORNEO, PONTIANAK - Prospek dunia kerja saat ini sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi. Oleh karenanya, bekerja di dunia Information Technology (IT) menjanjikan peluang karir yang sangat cerah ke depannya.

Mungkin anda sudah menetapkan IT sebagai minat dan passion anda. Anda sudah menggali banyak informasi bidang studi yang akan mendukung persiapan kompetensi anda tersebut. Dan akhirnya anda memilih jurusan Teknik Informatika.

Jurusan Teknik Informatika adalah salah satu bidang studi, menghasilkan lulusan yang kompeten di dunia IT.

Pertanyaan-pertanyaan tentang apa yang dipelajari, apa perbedaannya dengan jurusan terkait komputer lainnya sampai lulusan jurusan Teknik Informatika bisa kerja di mana akan dikupas tuntas pada pembahasan berikut.

Apa Itu Teknik Informatika?

Teknik Informatika adalah ilmu yang mempelajari pengolahan data dengan menggunakan teknologi yang berkaitan dengan komputer.

Pada bidang studi ini, mahasiswanya akan mempelajari, menganalisis dan menerapkan pengolahan data tersebut dengan prinsip matematika dan logika yang sangat kuat.

Jurusan Teknik Informatika mempelajari banyak hal terkait prinsip dasar komputer dan matematika. Secara prinsip jurusan yang satu ini terutama akan mempelajari mengenai:

- Programming atau pemrograman yaitu rangkaian proses untuk membuat program pada komputer.

- Pengembangan software atau perangkat lunak yang meliputi website, android atau pada perangkat smartphone dan lainnya.

- Memanfaatkan dan mengembangkan teknologi komputer untuk mencapai tujuan penciptaan dan rekayasa program tersebut.

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Teknik Informatika?

Kalau Anda masih belum jelas memahami seperti apa Jurusan Teknik Informatika itu, mungkin nama-nama mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan teknik informatika ini akan dapat membantu Anda. Berikut beberapa mata kuliah yang dipelajari di jurusan ini yang disusun secara umum di beberapa perguruan tinggi :

- Dasar-Dasar Pemrograman

- Sistem Operasi

- Logika Informatika

- Rekayasa Perangkat Lunak

- Teori Komputasi

- Sistem Komputer

- Metode Pengembangan Software

- Database dan Sistem Informasi

- Pemrograman Internet

- Sistem Jaringan

- Basis Data

- Kriptografi

- Algoritma dan Struktur Data

Baca Juga : Tujuh Cara Efektif Menghadapi Dosen Pembimbing yang Sibuk


Bagaimana, sekarang anda sudah mendapat gambaran lebih jelas mengenai jurusan ini? Bahkan mungkin anda sudah dapat membayangkan, lulusan jurusan teknik informatika bisa kerja di mana saja ke depannya.

Tapi tenang, jangan terburu-buru dulu. Dalam dunia teknologi informasi, terdapat beberapa bidang ilmu yang terkait komputer dan masing-masing memiliki konsentrasi dan keahlian yang spesifik yang perlu anda tahu ketahui.

Berikut jenis pekerjaan yang dapat ditangani oleh lulusan Teknik Informatika:

1. Programmer

Programmer adalah profesi yang paling dikenal akan digeluti seorang Sarjana Teknik Informatika.

Memang keahlian lulusannya sangat dibutuhkan dalam pembuatan dan pengembangan sebuah program. Dapat dikatakan bahwa programmer adalah output utama jurusan Teknik Informatika.

2. System Analyst

Sesuai namanya, profesi yang satu ini akan lebih mengarah kepada fungsi analisis proses pembuatan dan berjalannya sistem sebuah program.

Seorang System Analyst akan melakukan pengujian terhadap sistem, database hingga hardware yang digunakan dalam suatu sistem.

Termasuk dalam pekerjaannya adalah fungsi pemeliharaan dan evaluasi atas sebuah sistem. Ini dilakukan agar sistem dapat berjalan secara keseluruhan dengan baik.

3. Database Engineer

Seorang Database Engineer akan berkutat pada perancangan dan monitoring database sebuah proses bisnis suatu sistem yang kompleks.

Profesi ini bertugas untuk mempersiapkan dan membangun infrastruktur data yang dibutuhkan pada suatu sistem.

Hasil pekerjaan seorang Database Engineer adalah berupa sistem data yang tersimpan dan terstruktur.

Tujuannya adalah agar data mudah digunakan dan bersifat informatif oleh bagian lain sesuai kebutuhan.

4. Software Engineer

Profesi ini memiliki kemiripan dengan seorang programmer. Perbedaannya terletak pada satu keahlian khusus yang harus dimiliki oleh seorang Software Engineer.

Ini adalah penguasaan seluruh proses dalam pengembangan sebuah software. Termasuk di dalamnya adalah penguasaan atas manajemen software development.

5. Web Programmer

Aplikasi atau program yang dibangun dan dikembangkan oleh seorang programmer juga dipakai pada web. Terkait web ini, tentunya dibutuhkan keahlian seorang programmer.

Ini akan menjaga agar web menjadi dinamis dan mudah digunakan oleh bagian lain seperti web administrator.

Pekerjaan seorang Web Programmer khususnya terkait akan pembuatan program untuk web yang meliputi pembuatan fitur hingga tampilan yang diinginkan.

6. Network Engineer

Profesi yang satu ini secara khusus menangani network atau jaringan sebuah sistem komputer di perusahaan.

Pekerjaannya akan banyak berhubungan dengan hardware untuk jaringan komputer seperti merencanakan, mendesain, membangun, memperbaiki dan memperbaharui sebuah jaringan komputer.

Pekerjaan seorang Network Engineer dianggap berhasil apabila jaringan komputer yang ditanganinya dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Juga dapat digunakan oleh seluruh user tanpa hambatan. Memang pekerjaannya akan banyak berhubungan dengan hardware sebuah jaringan komputer.

Tetapi, seorang Network Engineer juga harus memahami mengenai aplikasi dan sistem komunikasi yang akan sangat mendukung kelancaran pekerjaannya.

Peluang Usaha Lulusan Teknik Informatika

Anda mungkin tidak berminat bekerja pada suatu perusahaan tapi lebih suka membuka usaha dan lapangan kerja.

Melalui keahlian yang dimiliki, anda akan memiliki peluang yang sangat luas untuk mendapatkan keuntungan besar dari jasa dan keahlian anda.

Beberapa usaha yang dapat Anda lakukan adalah seperti berikut :

1. Menjadi Freelancer di Bidang IT

Menjadi seorang Freelancer berarti anda bekerja lepas di berbagai perusahaan atau pihak yang membutuhkan keahlian anda.

Waktu kerja anda cenderung lebih fleksibel, bahkan dapat bekerja dari rumah.

Karena tidak terikat, maka anda dapat mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus. Ini adalah sebuah profesi yang mengasyikkan dan menguntungkan bukan?

Baca Juga : Sebelas Cara Mencari Referensi Jurnal dengan Mudah

2. Menjalankan Software House

Software House adalah sebuah bisnis jasa dalam pengerjaan program aplikasi atau software. Anda dapat memiliki usaha yang dapat dikendalikan sendiri.

Dalam usaha ini, anda juga dapat mengajak orang-orang yang kompeten di bidangnya.

Orang-orang ini sebaiknya yang anda percayai, dan menjadi tenaga ahli di dalam perusahaan.

Saat ini kebutuhan perusahaan dan pihak lainnya akan dukungan pengerjaan IT sangat besar.

Bidang IT mencakup banyak aspek, produk dan kebutuhan. membutuhkan spesifikasi keahlian yang tidak dapat seluruhnya dipenuhi oleh Bagian IT atau Sistem Informasi di sebuah perusahaan.

Di sinilah anda dapat mengambil peluang tersebut. Dengan memanfaatkan networking anda dapat memiliki tim kerja yang lengkap dan mumpuni di bidang IT untuk memenuhi segala kebutuhan klien anda.

3. Menjadi Konsultan IT

Profesi Konsultan IT dapat anda kerjakan secara sendiri atau bersama dengan rekan-rekan seprofesi.

Anda dapat bekerja independen ataupun atas nama sebuah perusahaan konsultan IT. Ini membutuhkan keahlian Anda dalam sebuah proyek atau pekerjaan.

Menjadi Konsultan IT memiliki cakupan yang lebih luas dibandingkan pekerjaan yang dilakukan pada sebuah jasa software house.

Sebagai Konsultan IT, anda dituntut memahami bisnis proses sebuah perusahaan. Juga bagian dan keterkaitannya dengan teknologi informasi dan komputer yang dibutuhkan.

Anda akan banyak berurusan dengan analisis masalah dan perencanaan IT pada sebuah perusahaan.

Anda akan memberikan masukan, mencari solusi hingga penerapan serta evaluasi untuk perbaikan dan pengembangan berikutnya.

Anda kini tahu pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan keahlian yang spesifik di bidang teknologi informasi dan komputer.

Seorang lulusan jurusan teknik informatika bisa kerja di mana saja asalkan mampu meningkatkan sekaligus mengembangkan keahlian IT-nya.

Kemampuan itu dapat diperoleh melalui berbagai pelatihan keahlian IT bersertifikat. Sehingga peluang pekerjaan akan terbuka jauh lebih luas dan lebih beragam lagi.

Silahkan bagikan artikel ini, siapa tahu ada teman-teman anda yang berminat untuk mengambil jurusan teknik informatika.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Tim Redaksi
Sumber : Edukasi Borneo