Kajian tentang dunia politik memang selalu menawarkan hal menarik untuk dibahas, dianalisis, atau diamati dari berbagai sudut pandang.

Home > Edukasi

Muhammad Firdaus Terpilih Sebagai Rektor IKIP PGRI Pontianak Periode 2022 - 2026

20 Apr 2022, 14:50 WIB
Rektor IKIP PGRI Pontianak Periode 2022 - 2026, Muhammad Firdaus.(Ist)

EDUKASIBORNEO, PONTIANAK - Muhammad Firdaus resmi terpilih sebagai Rektor IKIP-PGRI Pontianak Periode 2022 hingga 2026.

Dirinya terpilih pada Rapat Senat Pemilihan Rektor dan Wakil Rektor di Aula Hadari Nawawi Kampus IKIP PGRI Pontianak, Rabu 20 April 2022.

Pelantikan rektor dan wakil rektor terpilih akan dilaksanakan pada Minggu, 22 Mei 2022 mendatang.

Pria kelahiran Kendawangan 14 November 1981 lalu itu, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Kemahasiswaan, Dekan Fakultas MIPA dan teknologi selama 2 periode dan Wakil Rektor II IKIP-PGRI Pontianak.

Selain pemilihan Rektor, dalam rapat itu Senat juga melakukan pemilihan Wakil Rektor I dan II yang mana Aunurrohman sebagai Wakil Rektor I dan Suherdianto sebagai Wakil Rektor II.

Kiprah Muhammad Firdaus yang tak lain Alumni IKIP PGRI Pontianak itu sudah dikenal di kalangan mahasiswa.

Dia berhimpun di Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (HIMMAT) dan menjadi aktivis kampus sebagai Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) IKIP PGRI Pontianak.

Baca Juga : Sudah Dibuka, Simak Info Pendaftaran Magister Pendidikan Jasmani IKIP PGRI Pontianak 2022 Gelombang Pertama

Kemudian Muhammad Firdaus melanjutkan pendidikan Magister di Universitas Sebelas Maret. Kemudian kembali ke Pontianak dan menjadi dosen di Program Studi Pendidikan Matematika.

Ketua Program Studi Pendidikan Sejarah, Basuki Wibowo mengucapkan selamat kepada Rektor dan Wakil Rektor Terpilih.

“Selamat kepada Rektor dan Wakil Rektor terpilih. Dan Terimakasih kepada Rektor sebelumnya, bapak Rustam yang telah membawa IKIP hingga ke titik terbaik,” ujarnya dalam pesan singkat via whatsapp kepada jurnalis edukasi borneo Rabu, 20 April 2022.

“Terpilihnya Muhammad Firdaus sebagai rektor akan memberi warna baru dalam melanjutkan estafet kepemimpinan dari sebelumnya. Pergantian rektor merupakan produk dari demokrasi di IKIP PGRI Pontianak,” tuturnya.

“Sebagai rektor dengan usia yang masih muda dan memiliki jejaring dengan beberapa organisasi kepemudaan di Kalimantan Barat tentunya akan menjadi warna tersendiri dalam kehidupan di kampus terutama dalam menjalankan tridarma perguruan tinggi,” tambahnya.

Ia juga menuturkan harapannya kepada Rektor dan Wakil Rektor terpilih dapat mengimplementasikan visi misinya dalam berbagai program menghadapi tantangan pendidikan kedepan.

“Visi misi rektor adalah perpanjangan dari visi misi IKIP PGRI Pontianak. Tantangan pendidikan ke depan yang pastinya akan lebih sulit, tetapi selalu ada peluang-peluang bagi perguruan tinggi untuk memajukan lembaga. Semoga Rektor dan Wakil Rektor berserta seluruh civitas akademika dapat mengimplementasikan berbagai program yang ditawarkan oleh pemerintah seperti Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Rekognisi Pembelajaran Lampau dan lain-lain,” tutupnya.

Baca Juga : KEREN, IKIP PGRI Pontianak Perguruan Tinggi Peringkat 3 Nasional


Sementara itu, Ketua Himpunan Mahasiswa Bahasa Inggris (SESCo), Kresensia Irene Adriana mengucapkan terimakasih kepada Rektor sebelumnya Rustam dan menyampaikan harapannya.

“Saya sangat berterimakasih kepada kinerja Pak Rustam yang selama ini menjabat sebagai Rektor di IKIP PGRI Pontianak,” ujarnya.

Ia juga berharap kepada kepemimpinan Rektor dan Wakil Rektor terpilih dapat memajukan IKIP-PGRI Pontianak lebih baik.

“Masa kepimpinan rektor yang baru ini, saya sangat mengharapkan dampak yang besar terhadap kemajuan IKIP PGRI mendatang. Baik kurikulum dan program pendidikan. Semoga kampus bisa berkontribusi untuk warga sekitar dengan menerapkan dasar tri dharma. Membangun lebih banyak kemitraan,” pungkasnya.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Annisa Januarsi
Sumber : Edukasi Borneo