Kajian tentang dunia politik memang selalu menawarkan hal menarik untuk dibahas, dianalisis, atau diamati dari berbagai sudut pandang.

Home > News

OMG Kalbar Memberikan Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Alternatif Kepada Masyarakat Landak

19 Sep 2022, 21:11 WIB
Orang Muda Ganjar Kalimantan Barat (OMG KALBAR) memberikan pelatihan pembuatan pakan ternak alternatif untuk masyarakat Dusun Panampe, Desa Kumpang Tengah, Kecamatan Subangki Kabupaten Landak pada Minggu, 18 September 2022 kemarin.(Ist)

EDUKASIBORNEO, LANDAK - Orang Muda Ganjar Kalimantan Barat (OMG KALBAR) memberikan pelatihan pembuatan pakan ternak alternatif untuk masyarakat Dusun Panampe, Desa Kumpang Tengah, Kecamatan Subangki Kabupaten Landak.

Diikuti 50 orang yang terdiri dari kelompok peternak dan anak-anak muda. Pelatihan itu digelar untuk menjawab permasalahan masyarakat yang mengeluh dengan semakin mahalnya pakan ternak yang dijual di toko-toko pertanian.

Sekretaris Desa Kumpang Tengah, Husni mengatakan bahwa, pihak desa dan masyarakat menyambut baik pelatihan pembuatan pakan ternak tersebut.

Ia mengungkapkan bahwa, masyarakat memang sangat memerlukan inovasi dan pengetahuan baru untuk menunjang kemajuan dan kesejahteraan di Desa Kumpang Tengah.

“Tentunya kami sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Orang Muda Ganjar Kalbar di desa kami, karena kegiatan seperti ini membantu masyarakat untuk lebih berinovasi kedepannya,” ujarnya Minggu, 18 September 2022 kemarin.

Baca Juga : PNS Inspiratif Kalbar 2022 Telah Dibuka Hingga 22 September 2022



Ia mengungkapkan bahwa, mahalnya harga pakan tersebut membuat banyak peternak yang memutuskan untuk berhenti beternak ayam broiler.

“Terkhusus untuk masyarakat yang beternak ayam broiler, mahalnya pakan yang dijual di toko-toko pertanian saat ini berada dikisaran 14.000 ribu,” katanya.

Koordinator Wilayah OMG Kalbar, Steper Vijaye mengungkapkan bahwa, pelatihan disusun setelah melakukan penelitian dan observasi oleh tim OMG di daerah Landak.

Diketahui jikalau masyarakat Desa Kumpang Tengah menyadari permasalahan yang mereka hadapi.

Kemudian berdasarkan hasil penelitian dan observasi disusunlah program yang tepat untuk menjawab permasalahan tersebut.

“Kegiatan yang dilaksanakan hari ini merupakan hasil dari penelitian dan observasi yang dilakukan oleh tim OMG daerah Landak, dilakukan agar apa yang dilaksanakan hari ini betul-betul bermanfaat dan menjawab persoalan di masyarakat Desa Kumpang Tengah ini,” ujarnya.

OMG yang merupakan sukarelawan, Ganjar Pranowo untuk presiden 2024, yang berusaha menerapkan apa yang biasa dilakukan oleh Ganjar Pranowo saat jadi Gubernur Jawa Tengah.

Baca Juga : Kemarin, Gempa 3.1 Magnitudo Mengguncang Kabupaten Landak

Satu diantaranya, Ganjar selalu hadir ditengah persoalan masyarakat dan memberikan solusi yang tepat untuk menjawab persoalan yang tersebut.

“Kami yang merupakan sukarelawan Bapak Ganjar Pranowo untuk presiden 2024, berusaha untuk terus membantu masyarakat seperti yang sering dilakukan oleh beliau selama jadi gubernur sampai sekarang ini itu lah yang menjadi contoh bagi kami untuk terus bergerak” katanya.

Ia berharap pelatihan pembuatan pakan itu, betul-betul bisa menjadi referensi bagi masyarakat Desa Kumpang Tengah, agar kedepannya bisa terus maju dan menopang kesejahteraan di desanya.

Sehingga timbul kemandirian serta tidak ketergantungan dengan pasar, tapi mampu untuk terus berdikari.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Tim Redaksi
Sumber : Edukasi Borneo