Materi PKn SMA Kelas 10 Semester Ganjil Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

Home > News

OMG Landak, PUMK Samben Jaya dan BP2K Kecamatan Air Besar Berikan Pelatihan Berkebun Dengan Metode Vertikultur

21 Nov 2022, 21:41 WIB
Orang Muda Ganjar (OMG) melakukan kerjasama dengan Pemberdayaan Usaha Masyarakat Konservasi (PUMK) Samben Jaya, dan Badan Penyuluhan Pertanian Kecamatan (BP2K) Kecamatan Air Besar yang dilaksanakan di Dusun Tauk Desa Engkangin pada Minggu, 20 November 2022.(Ist)

EDUKASIBORNEO, PONTIANAK - Kemampuan dalam memanfaatkan lingkungan sekitar kita sangatlah penting.

Hal tersebut menjadi dasar Orang Muda Ganjar Kabupaten Landak untuk menggelar pelatihan berkebun dengan metode vertikultur untuk masyarakat khususnya pelatihan yang ditujukan kepada orang muda.

Bersama dengan ini kami melakukan kerjasama dengan Pemberdayaan Usaha Masyarakat Konservasi (PUMK) Samben Jaya, dan Badan Penyuluhan Pertanian Kecamatan (BP2K) Kecamatan Air Besar yang dilaksanakan di Dusun Tauk Desa Engkangin pada Minggu, 20 November 2022.

Pelatihan itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia guna dalam pemenuhan pangan dan pemanfaatan lingkungan sekitar.

Baca Juga : Sekda Kalbar Memastikan Kesiapan Pasukan Pengamanan Pertemuan Tingkat Menteri BIMP - EAGA di Kalbar


Kepala Dusun Tauk Filoren menuturkan pihaknya sangat berterimakasih atas pelatihan itu.

“Dirinya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk antusias dalam kegiatan ini dan menjadi ilmu baru yang dapat mereka aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga nantinya untuk kebutuhan pangan di dusun ini tidak keterkaitan pada pasar,” ujarnya.

Inti kegiatan itu untuk mengajarkan kepada masyarakat untuk memanfaatkan lapangan sekitar perkarangan rumah yang ada daya tarik dan gunanya.

63 peserta yang terdiri dari PUMK Samben Jaya, BP2K, Perangkat Desa, dan masyarakat dusun Tauk.

Ya Yuliansyah dari BP2K Kecamatan Air Besar menyampaikan permasalahan lingkungan yang sedang kita hadapi.

Sedangkan di penghujung acara dilaksanakan sesi tanya jawab dengan peserta sekaligus evaluasi dari materi yg sudah disampaikan.

Koordinator Daerah Orang Muda Ganjar Kabupaten Landak, Erwanto Suhardi berharap dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan pengetahuan dan wawasan kepada masyarakat mengenai pemanfaatan lingkungan sekitar kita.

“Dirinya berpesan setelah pelatihan ini, para peserta diharapkan dapat menerapkan ilmunya tidak hanya sewaktu-waktu, tetapi dalam jangka panjang. Agar kedepannya bisa menciptakan lapangan kerja ataupun ketahanan pangan masyarakat itu sendiri,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Engkangin, Bonifasius mengatakan bahwam pihak desa sangat mengapresiasi perjuangan OMG Landak bisa sampai di tempat kami, kegiatan seperti ini tidak terhenti sampai disini saja.

“Nantinya kalian bisa bekerjasama dengan PUMK Samben Jaya, karena disitu banyak kumpulan anak muda yang masih berkibar semangatnya seperti kalian ini. Saya harap ada feedback nantinya,” tuturnya.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Annisa Januarsi
Sumber : Edukasi Borneo