Kajian tentang dunia politik memang selalu menawarkan hal menarik untuk dibahas, dianalisis, atau diamati dari berbagai sudut pandang.

Home > Edukasi

Pemda Ketapang Gotong-Royong Membersihkan Bahu Jalan dari Sampah

05 Aug 2022, 12:32 WIB
Seluruh OPD Kabupaten Ketapang gotong royong membersihkan bahu jalan.(Ist/Prokopim Ketapang)

EDUKASIBORNEO, KETAPANG – Pemerintah Kabupaten Ketapang menggelar kerjabakti menyasar bahu-bahu jalan di seputar Kota Ketapang, Jumat, 5 Agustus 2022 pagi.

Untuk menggelorakan kembali semangat gotong pada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Ketapang, Sekda Alexander Wilyo secara langsung memimpin kerjabakti itu.

Hadir seluruh OPD

Ia menuturkan bahwa, gagasannya merupakan pengamalan dari falsafah bangsa Indonesia yaitu pancasila, sila ke tiga, “Persatuan Indonesia”.

Falsafah gotong royong yang merupakan warisan para pendahulu, leluhur bangsa Indonesia harus tetap lestari di tengah-tengah masyarakat Indonesia khususnya Kabupaten Ketapang.

Kita, sebagai ASN, lanjut Wilyo harus memberi teladan kepada masyarakat.

“Gotong royong ini merupakan warisan para pendahulu kita, dalam gotong royong memuat nilai-nilai luhur. Filosofi gotong royong ini ketika kita terapkan dalam keseharian, dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat maka akan menjadi baik,” sebutnya.

Baca Juga : Mafia BBM Bersubsidi Marak, Warga Lakukan Orasi di Depan Kantor Bupati Ketapang


“Ide saya ini (gotong royong;red) tidak hanya berhenti sampai di sini. Nanti akan menjadi agenda rutin bulanan bahkan mingguan. Dalam dua minggu ke depan ujar Sekda lagi, akan diadakan rapat lanjutan yang substansinya menghimbau seluruh OPD hingga tingkat kecataman, kelurahan atau desa dan instansi vertikal agar bersedia membantu saya dalam mangaktualisasikan gagasan ini,” katanya.

Ia juga menegaskan bahwa, kerjabakti di jalan-jalan seputar kota ketapang ini hanya awal. Menurut Beliau hanya sebagai stimulan khususnya bagi para ASN, sebab ASN harus menjadi contoh harus menjadi teladan bagi masyarakat.

Gotong royong kali ini merupakan rangkaian kegiatan lanjutan, sebelumnya ceramah kebangsaan untuk menyambut HUT RI ke – 77.

Mengusung tema “ASN berAkhlak” dengan mengundang penceramah kondang Gus Miftah, telah terselenggara dengan sempurna pada Selasa, 2 Agustus 2022.

“Saya ingin menggalakkan kembali semangat gotong royong di Kabupaten Ketapang. Kita tidak hanya bicara, kita akan action memberikan contoh kepada masyarakat,” ungkapnya.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Annisa Januarsi
Sumber : Prokopim Ketapang