Monday, 21/06 08:59:54
Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat mengatakan hingga Sabtu 19 Juni 2021, jumlah pasien terkonfirmasi COVID-19 di daerah Singkawang mencapai 723 orang.

Home > Nasional

Pemerintah Indonesia Pastikan Usia di Atas 18 Tahun Dapatkan Vaksin COVID-19

10 Jun 2021, 08:10 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito dalam agenda keterangan pers Perkembangan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Rabu (9/6/2021). (Ant)

EDUKASIBORNEO, JAKARTA - Pemerintah memastikan kelompok usia di atas 18 tahun akan mendapatkan vaksin COVID-19, demi mengupayakan cakupan vaksinasi sebesar 70 persen seluruh Indonesia dapat tercapai.

"Tentunya usia di atas 18 tahun adalah salah satu kelompok masyarakat yang menjadi target pemerintah dan pasti akan kita vaksinasi sesuai prioritas kelompok-kelompok tersebut," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis 10 Juni 2021.

Ia mengatakan percepatan vaksinasi terus dilakukan pada kelompok-kelompok prioritas berisiko terpapar COVID-19, selain kelompok usia di atas 18 tahun yang juga akan diberikan vaksin.

Baca Juga : Mendagri Tegaskan 28 Februari 2024 Belum Final Pilkada Serentak

Pemerintah sudah mempersiapkan jadwal terkait ketersediaan vaksin yang ada. Sesuai tahapannya, ada beberapa kelompok risiko yang sudah dilakukan vaksinasi seperti warga lanjut usia (lansia) dan pra lansia serta populasi kunci pembangunan nasional seperti guru.

Dari data per 8 Juni 2021, masyarakat yang telah menerima vaksin COVID-19 sudah mencapai 40,3 juta orang. Terdiri dari sumber daya manusia kesehatan, dan petugas pelayanan publik.

Baca Juga : 400 Ribu Vaksin Astrazeneca di Jakarta Akan Kedaluwarsa Akhir Juni

Pemerintah pusat juga terus mendorong pemerintah daerah untuk terus melakukan peningkatan jumlah masyarakat yang menerima vaksin.

"Sehingga semakin banyak yang terlindungi, sekaligus meminimalisasi penularan yang terjadi di masyarakat," katanya.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Tim Redaksi
Sumber : Antara