Ketua Yayasan Mujahidin Kalimantan Barat, Mulyadi mengatakan peringatan milad ke 42 tahun Lembaga Pendidikan Yayasan Mujahidin Kalimantan Barat ini sebagai moment refleksi peningkatan kualitas peserta didik dan pendidik.

Home > Daerah > Landak

Pemkab Landak dan Lantamal XII Pontianak Gelar Vaksinasi COVID-19 di Daerah Dengan Transportasi Air

14 Jan 2022, 07:40 WIB
Bupati Landak, Kalimantan Barat, Karolin Margret Natasa bersama Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman melaksanakan vaksinasi COVID-19 di Desa Sungai Segak dan Desa Rantau Panjang (Ant)

EDUKASIBORNEO, LANDAK - Bupati Landak, Karolin Margret Natasa bersama Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman melaksanakan vaksinasi COVID-19 di daerah menggunakan transportasi air.

Vaksinasi itu dilakukan di Desa Sungai Segak dan Desa Rantau Panjang, Kecamatan Sebangki, Kabupaten Landak.

"Program vaksinasi pada dua desa tersebut adalah kegiatan Vaksinasi Maritim TNI AL yang merupakan kerja sama antara Lantamal XII Pontianak bersinergi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Landak dengan tujuan agar wilayah-wilayah yang tidak bisa dijangkau dengan transportasi darat bisa dilakukan dengan transportasi lain agar masyarakat mendapatkan vaksinasi COVID-19 dari pemerintah," kata Bupati Landak Karolin Margret Natasa di Ngabang, Landak, Kamis 14 Januari 2022.

Baca Juga : Pemkab Landak Antisipasi Masuknya COVID-19 Varian Omicron

Dia mengatakan kegiatan bersama Lantamal XII Pontianak tersebut merupakan program yang membantu Pemerintah Kabupaten Landak dalam capaian target vaksinasi, karena dapat menyusuri wilayah pedalaman yang sulit dijangkau dengan transportasi darat.

"Kami bersama Lantamal XII Pontianak yang dipimpin langsung oleh Komandan Lantamal XII menyisir masyarakat yang ada di pedalaman, agar dapat memperoleh vaksinasi COVID-19 dosis pertama," tuturnya.

Hal ini dilakukan sesuai dari aturan pemerintah harus mencapai target paling tidak 70 persen vaksinasi pertama dan selanjutnya akan ada vaksinasi ketiga jika kita telah mencapai target tersebut.

Desa Rantau Panjang dan Desa Sui Segak ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Kubu Raya, desa ini merupakan desa yang sulit dijangkau melalui jalan darat.

"Dengan menyusuri sungai ini, kita akan mengajak masyarakat agar dapat divaksin sehingga target dapat tercapai," tuturnya.

Baca Juga : Diskes Landak Buka Gerai Vaksinasi COVID-19 di Disdukcapil

Bupati Karolin menjelaskan pemerintah melakukan program vaksinasi COVID-19 ini untuk melindungi masyarakat dari penyebaran dan penularan COVID-19 di Indonesia serta dengan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 ini juga membuka aktivitas masyarakat seperti biasa dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

"Ini dalam rangka usaha pemerintah untuk mengurangi COVID-19 di Indonesia termasuk di Kabupaten Landak, karena dampak COVID-19 ini banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan anak-anak tidak bisa bersekolah dan COVID-19 berdampak pada situasi ekonomi. Oleh karena itu saya harapkan masyarakat untuk tetap mendukung pemerintah agar kita bisa kerja, bisa kembali bersekolah seperti biasa," katanya.

Dalam Vaksinasi COVID-19 yang dilakukan di Desa Sungai Segak dan Desa Rantau Panjang sudah tervaksin sebanyak 276 orang.

Selain itu, dalam kunjungan tersebut juga diresmikan Pelabuhan Rakyat Putri Dara Hitam di Desa Rantau Panjang, Kecamatan Sebangki Kabupaten Landak dan menyerahkan bantuan Listrik tenaga surya dari Komandan Lantamal XII Pontianak kepada masyarakat.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Tim Redaksi
Sumber : Antara