Tuesday, 30/11 02:52:55
Satuan Latihan Mujahidin Pontianak raih juara umum Kejurda Tarung Derajat Kalbar 2021 yang dilaksanakan secara langsung sejak Kamis, 25 November 2021 hingga Minggu, 28 November 2021.

Home > Daerah > Singkawang

Pemkot Singkawang Gelar Rakor Penanggulangan Kemiskinan

25 Nov 2021, 12:07 WIB
Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan memimpin Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kota Singkawang di Aula Kantor Bappeda, Rabu (24/11). (Ant)

EDUKASIBORNEO, SINGKAWANG  - Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan bersama beberapa dinas terkait dan sejumlah pihak melakukan rapat koordinasi untuk menanggulangi kemiskinan di kota Singkawang.

"Rakor yang digelar adalah merupakan rakor secara berkala atau sewaktu-waktu apabila diperlukan dengan berpedoman pada hasil rapat koordinasi TKPK Provinsi dan TKPK Nasional," kata Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan, Rabu 24 Oktober 2021.

Dia mengatakan, dari Rakor yang digelar tersebut, telah menghasilkan sejumlah rekomendasi, antara lain, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Singkawang diminta untuk segera merumuskan kriteria kemiskinan dalam bentuk legalitas formal berupa SK Wali Kota.

Baca Juga : BNN dan Pemkot Singkawang Luncurkan 25 Kelurahan Bersih Narkoba

"Kemudian, melakukan proses verifikasi dan validasi secara berkelanjutan terkait pendataan Fakir Miskin cakupan daerah Kabupaten/Kota," ujarnya.

Sementara Kepala Bappeda Kota Singkawang dapat memfasilitasi Forum Musyawarah atau Loka Karya perumusan kriteria kemiskinan sebagaimana dimaksud dalam angka 1 (satu) huruf (a) yang berbunyi, Ketua TAPD Kota Singkawang dapat mendorong alokasi anggaran terkait kegiatan verifikasi dan validasi pendataan Fakir Miskin sebagaimana dimaksud dalam angka 1 (satu) huruf (b).

"Kepala Bappeda juga diminta untuk dapat mengkoordinir Tim Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kota Singkawang dalam hal Studi Pembelajaran terkait peran TKPKD ke daerah lain baik dalam provinsi maupun luar provinsi," pintanya.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Singkawang diminta untuk melakukan verifikasi dan validasi data stunting Kota Singkawang secara riil terhadap data yang dipublis oleh E-PPGBM 2020.

Baca Juga : Pemkot Singkawang Pasang Aliran Listrik di Daerah Mantoman

Selanjutnya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Singkawang diminta untuk melaksanakan Forum CSR Kota Singkawang dalam hal peningkatan peran masyarakat dan dunia usaha dalam penanganan kemiskinan.

Tak lupa Irwan juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh Kepala OPD yang bersifat responsif terhadap penyusunan program kegiatan yang menyentuh langsung dalam penanggulangan kemiskinan.

"Hal ini terbukti berdasarkan Berita Resmi Statistik, adanya penurunan tingkat kemiskinan di Kota Singkawang setiap tahunnya," jelasnya.

Semoga melalui rakor ini dapat mengevaluasi berbagai capaian dan kendala yang dihadapi Kepala OPD dalam pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan di Kota Singkawang.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Tim Redaksi
Sumber : Antara