Wednesday, 27/10 17:44:01
Satuan tugas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti dan Tentara Diraja Malaysia (TDM) Batalion 500 dan TDM Batalion 602 memperkuat kerja sama pengamanan perbatasan Indonesia-Malaysia di Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Home > Suara Mahasiswa

Pendidikan Inklusif di Indonesia

19 Feb 2021, 13:54 WIB
Ilustrasi Anak - anak Sedang Belajar Bersama di Ruang Kelas dengan Menggunakan Laptop (EBC)

EDUKASIBORNEO, PONTIANAK – Pendidikan bagi seseorang sangat penting dan mempengaruhi kualitas sumber daya manusia. Sebab itu setiap manusia wajib mendapatkan pendidikan, baik bagi anak normal maupun anak difabel.  Satu diantara program pemerintah bagi anak - anak difabel atau distabilitas dalam bidang pendidikan adalah memberikan pendidikan inklusif.

Pendidikan Inklusif adalah, pendidikan yang dilaksanakan oleh sekolah atau kelas dimana mereka melibatkan seluruh peserta didik tanpa kecuali, termasuk anak-anak yang berkebutuhan khusus. Mereka dididik dan diberi fasilitas pendidikan yang sama tanpa adanya diskriminasi pihak - pihak tertentu. Melalui metode pendidikan itu, anak - anak berkebutuhan khusus dapat memperoleh hak mereka sebagaimana mestinya.

Seperti dikatakan Fadli 2010 anak berkebutuhan khusus adalah anak - anak yang memerlukan penanganan khusus karena kelainnya.

Sesuai dengan UU No. 20/2003 tentang Sisdiknas, anak berkebutuhan khusus dapat dimaknai sebagai anak yang karena kondisi fisik, emosional, mental, sosial, dan atau memiliki kecerdasan atau bakat istimewa memerlukan bantuan khusus dalam pembelajaran.

Baca Juga : Pentingnya Pendidikan Agama Untuk Anak

Nofrianto mengutarakan pendidikan inklusif merupakan sistem pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus yang diintegrasikan  masuk ke dalam kelas reguler untuk belajar bersama anak - anak normal lainnya di sekolah umum.

Pendidikan inklusif hadir sebagai salah satu penyelesaian permasalaah pendidikan di Indonesia, pendidikan inklusif membuat anak berkebutuhan khusus mendapatkan akses pendidikan seperti anak normal lain seusianya.

Sejak 11 Agustus 2004 pendidikan inklusif atau yang biasanya disebut Sekolah Luar Biasa (SLB) resmi diberlakukan di Indonesia. Namun sayangnya SLB hanya berada di kota - kota besar, sehingga anak berkebutuhan khusus yang berada di daerah pedesaan tidak dapat merasakan proses pembelajaran sebab terhalang jarak dan biaya yang dikeluarkan relatif besar.

Hal itu tentunya harus menjadi catatan bagi pemerintah, dan diharapkan pemerintah dapat memberi solusi agar anak berkebutuhan khusus yang ada di pedesaan juga bisa memperoleh pendidikan seperti anak - anak lain seusiannya.

Baca Juga : Arah Baru Pendidikan Tinggi Pasca Pandemi

Penyatuan anak - anak berkebutuhan khusus dengan anak - anak normal seusianya di lingkungan pendidikan diharapkan dapat memenuhi UU No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional bab 3 Pasal ke 5 dan UUD 1945 pasal 31 ayat 1 dalam memenuhi hak warga negara menempuh pendidikan

Jadi dapat disimpulkan bahwa pendidikan inklusif hadir sebagai salah satu solusi permasalahan di bidang pendidikan.

Diharapkan pendidikan inklusif merangkul semua tanpa membeda – bedakan anak satu dengan lainnya. Program pendidikan inklusif merupakan satu perwujudan dari tujuan negara dalam pembukaan UUD 1946 alenia ke 4 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Namun perlu digaris bawahi, penerapan pendidikan inklusif di sekolah harus dipersiapkan secara matang mulai dari tenaga pengajar, metode pembelajaran serta sarana dan prasarana pendukung lainnya. Agar tujuan dari penerapan pendidikan inklusif di Indonesia dapat berjalan memberikan pendidikan kepada generasi Indonesia yang barangkali memiliki kelebihan yang luar biasa. Sebab di dalam diri anak difabel terdapat kelebihan yang perlu diasah, diarahkan disamping keterbatasan yang mereka miliki yang tidak seragam antara satu dengan yang lainnya.*/ans

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Rina Raihana Putri (Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Tanjungpura)
Sumber : Edukasi Borneo