Materi PKn SMA Kelas 10 Semester Ganjil Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

Home > Edukasi

Pentingnya Publikasi Ilmiah untuk Kenaikan Pangkat dan Pengembangan Profesionalisme Guru

29 Aug 2022, 10:48 WIB
Ilustrasi Pembelajaran.(ebc/freepik)

EDUKASIBORNEO, PONTIANAK - Dalam penilaian DUPAK (Daftar Usul Penetapan angka Kredit)-nya terkadang guru mengalami penolakan disebabkan oleh Publikasi Ilmiah.

Sebab, publikasi ilmiah yang dibuat guru tidak sesuai dengan ketentuan di Buku 4 tentang Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dan Angka Kreditnya.

Selain karena itu, ternyata selama ini yang sering dipahami oleh guru, bahwa publikasi ilmiah yang bisa dan dapat di buat oleh guru hanya berupa PTK (Penelitian Tindakan Kelas), padahal hal itu tidak benar sama sekali.

Dijelaskan dalam ketentuan di buku 4 tidak ada yang mewajibkan guru membuat PTK. Namun yang tertera adalah bahwa guru membuat laporan penelitian.

Itu artinya laporan penelitian itu tidak harus membuat PTK, boleh bentuk penelitian yang lain. Misalnya penelitian deskriptif, eksperimen, pengembangan dan lain sebagainya.

Ketentuan membuat laporan penelitian juga hanya untuk guru yang memiliki golongan III/d ke atas.

Simak sepuluh jenis publikasi ilmiah guru yang dapat diusulkan oleh guru, diantaranya:

1. Presentasi di forum ilmiah

Presentasi di forum ilmiah bisa menjadi publikasi ilmiah jika guru menjadi narasumber atau pemateri di sebuah forum ilmiah, seperti seminar, lokakarya, koloqium, atau diskusi ilmiah.

Guru dapat mengusulkan makalah atau proceeding (kumpulan makalah dalam seminar) yang disajikan.

Sistematika makalah harus sesuai dengan ketentuan di buku 4.

2. Laporan Hasil Penelitian

Laporan penelitian yang dibuat oleh guru di sekolahnya dan sesuai bidang studinya dapat diusulkan sebagai publikasi ilmiah.

Laporan penelitian ini bisa berupa penelitian deskriptif, eksperimen, pengembangan, atau yang umum dibuat adalah Laporan Penelitian Tindakan Kelas.

Baca Juga : RUU Sisdiknas Kontroversial dan Dipertanyakan Insan Guru


3. Tinjauan Ilmiah dan Best Practice

Tinjauan ilmiah atau yang biasa disebut makalah berisi ide atau gagasan untuk mengatasi berbagai masalah Pendidikan formal dan atau pembelajaran yang ada di sekolah guru yang bersangkutan.

Sedangkan best practice adalah praktik baik yang telah dilakukan oleh guru di sekolahnya untuk memecahkan masalah yang terjadi.

4. Tulisan Ilmiah Populer

Adalah tulisan yang berisi pengetahuan, ide, gagasan, pengalaman penulis yang menyangkut bidang Pendidikan pada satuan tugasnya.

Tulisan itu kemudian dipublikasikan lewat koran maupun majalah.

Dimana artikel populer lebih mudah di terima oleh khalayak umum dengan bahasa yang lebih sederhana.

5. Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah adalah tulisan gagasan atau tinjauan ilmiah dalam Pendidikan formal dan pembelajaran di satuan Pendidikan yang dimuat di jurnal. Yang di tulis berdasarkan kaidah penulisan tertentu.

6. Buku Pelajaran

Yaitu buku yang berisi tentang ilmu pengetahuan atau mata pelajaran yang diperuntukkan bagi siswa, yang dapat digunakan sebagai pendamping materi saat proses pembelajaran.

Baca Juga : Kuliah Gratis Jalur Beasiswa Bidikmisi Simak Penjelasanya

7. Modul atau Diktat

Modul disusun sedemikian rupa sehingga siswa dapat menyerap sendiri materi pelajaran yang dipelajari. Sedangkan diktat dibuat untuk mempermudah dan memperkaya materi pelajaran.

8. Buku dalam Bidang Pendidikan

Isi buku ini tidak hanya untuk siswa berupa buku untuk pendampingan pembelajaran, tapi juga dapat berupa informasi pengetahuan dalam bidang Pendidikan.

Selain itu dengan membuat buku guru juga memiliki banyak sekali keuntungannya.

9. Karya Terjemahan

Yaitu berupa penerjemahan  buku untuk menunjang proses pembelajaran

10. Buku Pedoman Guru

Buku yang berisi rencana kerja guru dalam setahun mendatang.

Demikianlah beberapa informasi terkait pentingnya publikasi ilmiah bagi seorang guru, agar proses kenaikan pangkat berjalan lancar sebaiknya guru harus produktif dalam menghasilkan karya tulis ilmiah yang di publikasikan.

Publikasi ilmiah merupakan bentuk pengembangan diri menuju profesionalitas sebagai seorang tenaga pendidik.

Nah jika rekan guru ingin berlatih membuat karya tulis ilmiah atau bahkan mau menerbitkan jurnal bisa menghubungi PT Media Edukasi Borneo atau Pabayo Education Consultant sebagai media edukasi dan konsultan Pendidikan. Semoga bermanfaat. 

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Tim Redaksi
Sumber : Edukasi Borneo