Friday, 06/08 10:39:30
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun satu menara rusun untuk mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Mempawah di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

Home > Daerah > Ketapang

Rimba Kuri dan Yum ke Ketapang Masuk Nominasi API 2021

18 Jun 2021, 08:10 WIB
Rimba Kuri Ketapang (Ant)

EDUKASIBORNEO, KETAPANG - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat, Yulianus mengatakan bahwa daerahnya bersyukur saat ini berhasil lolos di 2 nominasi dalam ajang pelaksanaan Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021.

"Dua nominasi tersebut yakni kategori olahraga dan petualangan diraih jelajah Rimba Kuri dan kategori promosi pariwisata digital diraih aplikasi Yum ke Ketapang. Tidak semua daerah dapat masuk dalam nominasi. Artinya Ketapang menjadi daerah yang dinilai layak sehingga masuk dalam nominasi," ujarnya saat dihubungi di Ketapang, Kamis 17 Juni 2021.

Menurutnya di Kalimantan Barat hanya 3 kabupaten masuk nominasi API 2021 ini. 2 lainnya yakni Kabupaten Kubu Raya dan Bengkayang dengan kategori berbeda. Ia menjelaskan awalnya Ketapang sendiri mengusulkan delapan obyek untuk mengikuti seleksi.

Baca Juga : Ajukan Penambahan Intake PDAM Kendawangan, Pemda Harap 90 Persen Masyarakat Nikmati Air Bersih

"Namun setelah ada penilaian dari tim kementerian yang turun ke lokasi hanya dua yang masuk nominasi," jelasnya.

Yulianus memaparkan setelah masuk nominasi maka untuk Kategori Olahraga dan Petualangan API 2021 Ketapang akan bersaing dengan Kabupaten Sleman. Kemudian Mandailing Natal, Barru, Kobar, Lembata dan Pemalang, Kota Balikpapan dan Palembang serta Provinsi Papua.

Ia menjelaskan Jelajah Bukit Kuri merupakan destinasi wisata olahraga dan petualangan. Wisata ini yang berada di Desa Sinar Kuri Kecamatan Sungai Laur menyimpan segudang destinasi petualangan alam yang menakjubkan. Di antaranya penjelajahan hutan yang alami, penelusuran gua serta pendakian dan berkemah di puncak Bukit Kuri.

"Puncak yang menjulang tinggi tepat di sisi Jalan Nasional Transkalimantan menjadi daya tarik dan  menawarkan petualangan yang menantang. Paket ekowisata di Desa Sinar Kuri dikelola Pokdarwis Anugerah Kuri Abadi. Mereka menggunakan kegiatan wisata sebagai upaya kampanye dan aksi nyata menjaga hutan di desanya. Sehingga tetap lestari dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakatnya," tuturnya.

Baca Juga : Lantik Kadisparbud, Wakil Bupati Ketapang Ingatkan Seluruh PNS Harus Disiplin dan Bertanggungjawab

Selanjutnya pada kategori promosi pariwisata digital, Ketapang bersaing dengan Kabupaten Lombok Barat dan Pali. Kemudian Kabupaten Bantul, Bulukumba, Aceh Tengah, Pemalang dan Maluku Tenggara dan Provinsi Lampung dan Provinsi Riau.

Pada kategori promosi pariwisata digital, Ketapang melalui aplikasi Yum ke Ketapang menjadi aplikasi terobosan baru. Lantaran memudahkan wisatawan di seluruh dunia mengakses dan mencari tahu mengenai wisata-wisata di Ketapang.

"Jadi dua nominasi ini memiliki keunggulan masing-masing. Kita optimis bisa menjadi juara karena dua kategori yang berhasil masuk nominasi dinilai layak. Kita berharap bisa menjadi juara namun tentu perlu doa dan suport masyarakat Ketapang juga. Satu diantaranya dengan ikut polling penilaian yang dibuka mulai 1 Juli hingga 31 Oktober 2021," katanya.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Tim Redaksi
Sumber : Antara