Kajian tentang dunia politik memang selalu menawarkan hal menarik untuk dibahas, dianalisis, atau diamati dari berbagai sudut pandang.

Home > Ketapang

Robo-Robo di Ketapang Berpusat di Keraton Matan Tanjungpura

23 Sep 2022, 12:32 WIB
Asisten Sekda bidang Pemerintahan dan Kesra Edi Radiansyah menghadiri Kegiatan Kebudayaan Robo-Robo Keraton Matan Tanjungpura, pada Rabu, 21 September 2022 di Pelabuhan Gusti Muhammad Saunan Ketapang.(Ist/Prokopim Ketapang)

EDUKASIBORNEO, KETAPANG - Asisten Sekda bidang Pemerintahan dan Kesra Edi Radiansyah menghadiri Kegiatan Kebudayaan Robo-Robo Keraton Matan Tanjungpura, pada Rabu, 21 September 2022 di Pelabuhan Gusti Muhammad Saunan Ketapang.

Kegiatan kebudayaan Robo-Robo merupakan salah satu dari kekayaan budaya nusantara, dimana kegiatan yang dikenal dengan nama upacara tolak bala oleh masyarakat mempawah ini, pada awalnya digelar oleh rakyat pada hari Rabu dan dibulan Syafar dalam rangka menyambut Opu Daeng Manambon dari Kerajaan Matan di Kabupaten Ketapang ke Kerajaan Mempawah di Kabupaten Mempawah pada Tahun 1737 Masehi.

Robo-robo merupakan bentuk tatanan sosial kemasyarakatan yang mencerminkan makna terbangunnya suatu hubungan yang harmonis dan saling percaya antara pemimpin dengan masyarakat.

Sebuah manifestasi renungan seluruh rakyatnya mampu membangun Kerajaan yang hingga saat ini dapat kita rasakan keharmonisannnya.

"Kami Pemerintah Daerah Ketapang mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pihak panitia, tentu dengan dukungan penuh lurah dan seluruh lapisan masyarakat sehingga dibentuknya kepanitiaan terlaksananya Acara Robo-Robo ini," ujarnya. 

Ia berharap kegiatan Robo-Robo bisa terus dilestarikan dan lebih lebih meriah.

"Melalui Robo-Robo akan terjalin silaturahmi antar masyarakat, artinya tidak hanya sekedar memperingati tetapi bagaimana kita bisa berkumpul sehingga terjalin ikatan antar masyarakat," katanya. 

Sementara itu Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata Ketapang menyampaikan bahwa Robo-Robo yang dilaksanakan mempunyai nilai positif serta adanya beberapa makna sejarah dan apabila dikemas dengan baik akan meningkatkan kunjungan wisata di Kabupaten Ketapang.

Selain itu, Dinas Pariwisata Ketapang tahun ini telah memfasilitasi 2 tempat pelaksanaan Robo-Robo yaitu di Kelurahan Kauman dan Kecamatan Laur. 

"Untuk tahun berikutnya kami persilakan dari panitia, supaya Robo-Robo yang menjadi tradisi di Keraton Matan Tanjung Pura dan Kesultanan Mempawah ini juga bisa di fasilitasi selain dari 2 (Dua) tempat tadi," imbuhnya.

Dalam prosesi kegiatan Robo ini juga diserahkan Air do'a selamat tolak bala dalam mangkok kerajaan Matan sebagai induk air doa selamat tolak bala oleh dewan adat keraton Matan Tanjungpura kepada Majelis Raja Kerajaan Matan Tanjungpura Pangeran Mangku Negara untuk dimasukkan kewadah air agar bisa dibagikan kepada masyarakat sekitar.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Annisa Januarsi
Sumber : Prokopim Ketapang