Monday, 21/06 07:29:58
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Gunawan mengatakan saat ini terdapat 4 desa di Kecamatan Kalis terendam banjir dengan ketinggian debit air rata-rata satu hingga satu setengah meter.

Home > Daerah > Sanggau

Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643 Bantu Khitanan Anak Perbatasan Kalbar

10 Jun 2021, 10:05 WIB
Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Kapuas, Pos Panga memberikan bantuan pelayanan kesehatan kepada warga dan mengkhitankan anak di perbatasan Indonesia-Malaysia.(Ant)

EDUKASIBORNEO, SANGGAU - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan dari Yonif Mekanis 643/Kapuas, Pos Panga memberikan bantuan pelayanan kesehatan kepada warga dan mengkhitankan  seorang anak di perbatasan Indonesia-Malaysia, di Dusun Panga, Desa Semeng, Kabupaten Sanggau, Kalimatan Barat.

"Kegiatan tersebut termasuk rangkaian kegiatan pemberian pelayanan kesehatan keliling yang dilaksanakan di Dusun Panga," kata Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono di Mako Satgas di Kecamatan Entikong, Sanggau, dalam siaran persnya, Kamis 10 Juni 2021.

"Ketika melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan di dusun tersebut, Edi 33 tahun salah satu warga meminta kepada kami agar Raka 8 tahun, putranya yang sudah mulai beranjak remaja untuk dikhitan," tambahnya.

Baca Juga : Polres Sanggau Selidiki Penyebab Kecelakaan Tunggal Akibatkan 5 Korban Meninggal

Hendro mengungkapkan bahwa, sebelum berangkat ke medan tugas seluruh personel kesehatan tiap pos Satgas Pamtas sudah dibekali keahlian khusus di bidang kesehatan, salah satunya adalah melakukan khitan, sehingga membantu masyarakat dan proses khitan ini tidak dipungut biaya.

Dia mengatakan bahwa kesehatan tidak boleh dianggap masalah yang sepele dan kesehatan harus tetap dijaga agar dapat melakukan aktivitas setiap hari secara maksimal.

“Dengan kondisi kesehatan yang baik pula warga dapat melakukan aktivitas dengan baik sehingga bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari," ujarnya.

Kegiatan yang dilakukan dalam rangka pelayanan kesehatan keliling itu juga untuk mempererat jalinan silaturahmi sehingga diharapkan terbentuk komunikasi yang baik antara Satgas dan warga di perbatasan.

Di tempat terpisah di Dusun Bantan Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau personel Satgas Pamtas RI-MLY Yonif Mekanis 643/Wns juga memberikan pelayanan pengobatan keliling dari rumah ke rumah.

Baca Juga : Satgas Pamtas Gunakan Tandu Evakuasi Warga Sakit Tumor Mulut

Sertu Andi Dian Danpos Bantan mengatakan, pelayanan kesehatan keliling yang dilakukan dengan sistem door to door  itu merupakan bentuk kepedulian Satgas Pamtas terhadap kesehatan masyarakat di perbatasan dan menghilangkan keengganan masyarakat untuk berobat dikarenakan jauhnya puskesmas dari tempat tinggalnya.

"Dalam pelayanan kesehatan keliling ini, kami juga memberikan arahan agar warga tetap menjaga protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Edi mengatakan bahwa masyarakat Dusun Panga sangat terbantu dengan adanya bantuan pelayanan kesehatan dari anggota Pos Panga karena tidak dibebankan biaya dalam pelaksanaan khitanan tersebut.

“Terima kasih bapak TNI yang telah membantu anak saya dalam proses khitan, kami disini sangat terbantu, semoga kebaikan bapak TNI dibalas oleh Tuhan,” ujarnya.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Tim Redaksi
Sumber : Antara