Friday, 06/08 10:11:32
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengusulkan pembangunan ruas jalan Nanga Kantuk Empanang ke Puring Kencana di daerah perbatasan Indonesia-Malaysia wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Home > Daerah > Kapuas Hulu

Satuan TNI Kapuas Hulu Gotong Royong Bangun Rumah Tempat Isolasi Mandiri Pasien Positif COVID 19

20 Jun 2021, 19:35 WIB
Ilustrasi - Petugas Satgas COVID-19 mendatangi rumah warga memberikan obat-obatan, vitamin, dan sembako untuk mereka yang menjalani isolasi mandiri di Desa Sumber Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, Jateng, Jumat 18 Juni 2021.

EDUKASIBORNEO, KAPUAS HULU - Anggota TNI bersama warga Desa Bika Hulu, Kecamatan Bika, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat gotong royong membangun rumah yang akan digunakan sebagai tempat isolasi mandiri bagi pasien COVID-19 di daerah tersebut.

"Anggota kami bersama warga gotong royong membangun rumah isolasi pasien COVID-19 setelah ada kesepakatan musyawarah di desa Kecamatan Bika," ujar Danramil 1206-12/Kalis Pelda Mulyadi di Putussibau, Kapuas Hulu, Minggu 20 Juni 2021.

Mulyadi menyampaikan gotong royong itu dilaksanakan babinsa bersama warga Bika sebagai wujud upaya menanggulangi sebaran COVID-19.

Dia menjelaskan bahwa rumah tersebut nantinya digunakan tempat isolasi mandiri bagi warga di daerah itu yang dinyatakan positif COVID-19, baik melalui tes PCR maupun tes usap antigen.

Baca Juga : Bumdes Pabrik Sentra Tengkawang Desa Labian Iraang Kapuas Hulu Nantikan Investor

Baca Juga : Pemda Kapuas Hulu Sosialisasikan UU Perizinan UMKM

"Pembangunan rumah itu upaya antisipasi di tengah pandemi COVID-19, karena belum ada yang mengetahui kapan sebaran COVID-19 akan berakhir," tuturnya.

Anggota Babinsa Koramil 1206-12/Kalis Koptu Dwi Purwanto mengatakan pembangunan rumah khusus untuk isolasi itu langkah antisipasi apabila ruang Isolasi di rumah sakit maupun puskesmas yang telah ditunjuk sudah tidak mampu menampung pasien positif COVID-19.

"Kami bersama warga bahu-membahu membangun rumah itu, yang letaknya cukup jauh dari pemukiman warga," tuturnya.

Purwanto menjelaskan dalam penentuan letak rumah isolasi mandiri juga mempertimbangkan relawan COVID-19 agar mudah dalam memantau perkembangan pasien serta penyediaan logistik selama isolasi mandiri.

"Mudah-mudahan di Desa Bika Hulu tidak terjadi penyebaran COVID-19 secara massal sehingga rumah tersebut bisa digunakan untuk hal lain yang berguna bagi desa dan masyarakat," ujarnya.

Koramil 1206-12/Kalis membawahi dua kecamatan, yaitu Kalis dan Bika.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Tim Redaksi
Sumber : Antara