Pemerintah Kabupaten Ketapang menggelar Tabliq Akbar dalam Rangka Memperingati dan Memeriahkan Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah pada yang diselenggarakan oleh Majelis Dzikir dan Shalawat Darul Murtadha.

Home > News

Sekda Kapuas Hulu Resmikan Aula Danau Baru Kapuas, Tampung Hasil Panen Raya Mendatang

31 May 2022, 20:51 WIB
Sekda Kabupaten Kapuas Hulu, H. Mohd Zaini meresmikan Aula Danau Baru Kapuas dan melakukan Panen Raya Danau Baru Kapuas, Desa Nanga Embaloh, Kecamatan Embaloh Hilir Senin, 30 Mei 2022 kemarin.(Ist/Prokopim Kapuas Hulu)

EDUKASIBORNEO, PONTIANAK - Sekda Kabupaten Kapuas Hulu, H. Mohd Zaini meresmikan Aula Danau Baru Kapuas dan melakukan Panen Raya Danau Baru Kapuas, Desa Nanga Embaloh, Kecamatan Embaloh Hilir Senin, 30 Mei 2022 kemarin.

Panen dilakukan di zona pemanfaatan di perairan umum Kapuas Hulu seluas kurang lebih 450.257 Hektare. Perairan itu menjadi sumber yang cukup besar dan penting bagi masyarakat nelayan disana.

Ia menjelaskan bahwa, terdapat 195 ikan dengan berbagai spesies di sungai itu bahkan terdapat ikan di danau lindung yang dikelola dengan kearifan lokal.

“Terdapat 195 sungai 148 danau 27 diantaranya telah ditetapkan sebagai danau lindung yang dikelola dengan kearifan lokal. Beberapa diantaranya berisikan ikan ekonomis tinggi seperti arwana, gabus, jelawat, toman, belidak, betutu, tambakan baong dan sebagai,” ujarnya.

Danau juga memiliki fungsi ekologis dan ekonomis yang sangat penting, salah satunya sebagai sumber mata pencaharian masyarakat di sektor perikanan. Baik perikanan budidaya maupun tangkap, beberapa danau seperti kawasan Danau Sentarum.

Baca Juga : Bupati Kapuas Hulu Harap Danau Sentarum Jadi Prioritas Penyelamatan Perairan Darat dan Ketahanan Air

Kawasan Danau Sentarum juga berfungsi sebagai jalur lalu lintas barang dan orang. Akibatnya aktivitas perekonomian tercipta disana.

“Sedangkan fungsi ekologis dapat dilihat dari dua sisi yaitu lingkungan perairan dan sumber daya ikannya, yang memberikan dampak positif bagi kelestarian sumber daya perikanan,” jelasnya.

Keberadaan danau lindung dengan kearifan lokal, lanjut Zaini, sangat penting untuk menjaga keberlangsungan kelestarian sumber daya ikan. Sehingga lokasi tersebut dapat menjadi bank ikan, sebagai laboratorium alam yang dapat dipakai sebagai tempat pembelajaran atau penelitian. Selain itu juga dapat dipakai sebagai destinasi wisata berbasis perikanan.

“Panen raya ikan di danau lindung zona pemanfaatan ini juga merupakan kegiatan tahunan bagi masyarakat,” sebutnya.

Hasil panen raya, dipergunakan masyarakat untuk kegiatan sosial dan kegiatan keagamaan baik itu rehab jembatan, rumah ibadah, acara peringatan 17 Agustus serta sarana pendukung lainnya.

“Saya mengapresiasi masyarakat embaloh atas partisipasinya dalam pengelolaan sumber daya ikan di danau baru dengan kearifan lokal nya, sehingga dapat menjadi contoh bagi desa – desa lainnya,” pungkasnya.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Annisa Januarsi
Sumber : Prokopim Kapuas Hulu