Materi PKn SMA Kelas 10 Semester Ganjil Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

Home > News

Sutarmidji Harap Capaian Pelayanan Air Bersih di Bengkayang 100 Persen

19 Mar 2022, 08:35 WIB
Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menghadiri Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Bengkayang Tahun Anggaran 2023 secara virtual, Jumat 18 Maret 2022. (Kalbarprov)

EDUKASIBORNEO, PONTIANAK - Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji  mengatakan capaian pemerintah Kabupaten Bengkayang sudah di atas rata-rata komulatif penilaian Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

"Seperti angka pengangguran terbuka, angka kemiskinan, dan sebagainya, yang menjadi lebih baik. Ini merupakan modal dasar Kabupaten Bengkayang untuk bangkit lebih cepat, termasuk nilai IPM Bengkayang," jelasnya saat menghadiri Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Bengkayang Tahun Anggaran 2023 secara virtual, Jumat 18 Maret 2022.

Gubernur Kalbar berharap Kabupaten Bengkayang dapat menjadi kabupaten pertama yang bisa melayani 100 persen air bersih.

"Hal ini sangat memungkinkan karena biaya PDAM yang murah dan air baku yang tidak perlu diolah karena sumber mata air sangat banyak. Capaian air bersih di Kabupaten Bengkayang sudah mencapai sekitar 80 persen. Mudah-mudahan bisa mencapai 100 persen," harapnya.

Gubernur juga meminta Pemkab Bengkayang untuk mengevaluasi serapan anggaran yang masih terbilang cukup rendah.

"Jangan sampai SiLPA mempengaruhi transfer pusat ke daerah," tegasnya.

Baca Juga : Akselerasi Menatap Pembangunan Ibukota Nusantara dan Majukan Wilayah Perkotaan Kalimantan

Sementara itu, Bupati Bengkayang dalam sambutannya mengatakan bidang pendidikan dan kesehatan merupakan hal yang perlu dioptimalkan di Kabupaten Bengkayang.

"Hal ini mengingat wilayah kerja yang luas, namun tingkat aksesibilitas yang relatif rendah. Perlu adanya peningkatan SDM yang berdaya saing, serta peran aktif masyarakat dalam meningkatkan pelayanan publik didukung oleh sektor-sektor lainnya," katanya.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Bengkayang telah mengusulkan beberapa program prioritas pembangunan tahun 2023 yaitu bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan infrastruktur.

"Untuk bidang pendidikan, kami mengusulkan pembangunan SMK unggulan serta pembangunan sarana dan prasarana di beberapa SMA/SMK dan SLB. Sedangkan di bidang kesehatan, kami mengusulkan untuk pembangunan Rumah Sakit Pratama di wilayah perbatasan dan pesisir," usulnya.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Yayuk
Sumber : Kalbarprov