Materi PKn SMA Kelas 10 Semester Ganjil Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

Home > Edukasi

Tips Memilih Kampus Jalur SBMPTN 2022

08 Mar 2022, 10:17 WIB
Ilustrasi Kampus.(Ebc/Freepik)

EDUKASIBORNEO, PONTIANAK – Adik-adik kelas 12 Sekolah Menengah Atas yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, tahukah kalian bahwa pilihan kampus sangat menentukan masa depanmu.

Bukan hal yang tak biasa terkadang setelah menjalani perkuliahan satu semester bahkan lebih akhirnya memilih berhenti atau pindah kampus.

Sebelum memilih kampus terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya:

1. Menentukan Jurusan

Pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat atau bakat. Memilih prodi yang tepat akan menentukan karir kita ke depannya.

Kemudian, lihatlah akreditasi jurusan tersebut, dikarenakan beberapa perusahaan sudah melihat akreditasi dari kampus asal pelamar.

2. Memilih Kampus

Pilihlah kampus terbaik sesuai dengan kemampuan dan keinginan. Yang lebih penting perhatikan akreditasi jurusan dan kampus pilihan. Apakah akreditasi A, B, C bahkan tidak terakreditasi.

Untuk melihat akreditasi kampus dapat mengakses laman Lembaga layanan Pendidikan tinggi (LLDIKTI) maupun Lembaga pemeringkatan seperti webometrics atau THE WUR, dan lainnya.

3. Melihat Kenyamanan Kampus

Dalam memilih kampus, kenyaman kampus juga harus diperhatikan. Sarana prasarana, lingkungan, dan peraturan yang berlaku di kampus tersebut. Karena kalian akan menjalani kuliah kurang lebih 4 tahun. Kenyaman akan sangat krusial.

Baca Juga : 5 Jurusan ini Idaman Calon Mertua

Baca Juga : 5 Tips Kuasai Bahasa Asing

4.  Fasilitas Kampus

Jangan lupa untuk mempertimbangkan fasilitas atau sarana kampus. Fasilitas kampus yang harus diperhatikan diantaranya : perpustakaan, laboratorium, sarana olahraga, asrama kampus, area parkir, gedung perkuliahan yang luas, tempat ibadah, fasilitas Kesehatan dan lainnya.

5. Lokasi Kampus

Lokasi menjadi unsur penting dalam memilih kampus. Sebab lokasi mempengaruhi biaya hidup serta kenyamanan data menempuh pendidikan.

6. Biaya Kuliah

Pilihlah kampus sesuai dengan kemampuan finansial. Jangan lupa juga untuk mencari informasi mengenai biaya kuliah kampus yang dituju.

Selain itu, kalian juga bisa mencari beasiswa yang ada di tiap kampus. Kalian bisa menggunakan beasiswa KIP-K atau Bidikmisi.

8. Organisasi Kampus

Saat berkuliah sebaiknya kamu tidak hanya berfokus pada kuliah saja. Luangkan waktu untuk mengikuti kegiatan kampus seperti berorganisasi.

Organisasi kampus juga bisa menjadi tempat mengasah minat dan bakat kita yang selama ini terpendam.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Tim Redaksi
Sumber :