Kajian tentang dunia politik memang selalu menawarkan hal menarik untuk dibahas, dianalisis, atau diamati dari berbagai sudut pandang.

Home > News

UPDATE Syarat Terbaru Pelaku Perjalanan Darat, Udara, Laut yang Wajib Tes PCR atau Antigen

16 Aug 2022, 22:30 WIB
Ilustrasi Aplikasi Pedulilindungi.(Ist)

EDUKASIBORNEO, PONTIANAK – Pemerintah Republik Indonesia memperbaharui peraturan terkait penggunaan moda transportasi udara dan laut baik antar kota maupun daerah menggunakan kendaraan pribadi maupun umum dimasa pandemi COVID-19 ini.

Penerapan peraturan tersebut Sesuai Surat Edaran Satgas No. 23 tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri (PPDN).

Bagi pelaku perjalanan yang telah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.

Bagi yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua atau vaksinasi dosis pertama, wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Baca Juga : 15 Link Twibbon Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77


Bagi yang tidak dapat vaksinasi karena kondisi kesehatan harus memiliki hasil tes negatif RT-PCR maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan dan wajib melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan atau tidak dapat mengikuti vaksinasi COVID-19.

Bagi anak usia 6 hingga 17 tahun yang berasal dari perjalanan luar negeri dan belum mendapatkan vaksinasi, dapat melakukan perjalanan domestik dengan rapid test antigen atau RT-PCR.

Anak di bawah 6 tahun dikecualikan terhadap ketentuan vaksinasi dan tidak wajib menunjukkan hasil tes antigen maupun RT-PCR, namun wajib didampingi oleh pelaku perjalanan yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi dan pemeriksaan COVID-19 serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Tes antigen/RT-PCR dapat dilakukan di lab yang terafiliasi dengan KEMENKES pada Laboratorium Tes PCR atau Laboratorium Tes Antigen.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Tim Redaksi
Sumber : Edukasi Borneo