Friday, 06/08 09:14:04
Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat melalui Dinas Kesehatan kembali menggelar vaksinasi massal dosis kedua bagi 6.000 masyarakat Kubu Raya selama tiga hari di halaman kantor bupati dimulai tanggal 5 sampai 7 Agustus 2021.

Home > Daerah > Ketapang

Wajah Baru, Taman Merdeka Ketapang Jadi Pusat Perekonomian Masyarakat

19 Jun 2021, 16:35 WIB
Wakil Bupati Ketapang, Farhan dalam Peresmian Taman Merdeka sebagai Pusat Perekonomian Masyarakat dan Penerimaan Bantuan Hijau dari PLN UP3 Ketapang.(Ist/Humpro Ketapang)

EDUKASIBORNEO, KETAPANG – Kabupaten Ketapang mendapat bantuan ruang hijau Taman Merdeka diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Wakil Bupati Ketapang, Farhan hadir secara langsung menerima program bantuan tersebut yang diserahkan oleh Manager PLN UP3 Ketapang, Sanggam Sinaga kepada Kepala Dinas Perkim dan LH, Dennery ST, Jumat 18 Juni 2021 sore kemarin.

Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan peresmian pusat kuliner di Kabupaten Ketapang yang berada di lokasi yang sama.

Wabub mengatakan bahwa, ide tersebut sebenarnya telah digagas dalam 2 tahun belakangan ini.

Baca Juga : Capaian Kinerja Martin – Farhan Periode 2016 Hingga 2021 Terkategori Baik

Dia juga menjelaskan, bahwa dari perspektif lingkungan maupun estetika jelas keadaan ini kurang menguntungkan bagi pemilik ruko yang ada di kawasan Jalan Merdeka.

"Rasa keterpanggilan untuk menghidupkan kembali kawasan Taman Merdekalah yang mendasari pembangunan pusat kuliner. Agar tercipta momen yang baik, atau ruang dan waktu bagi publik dan para pihak untuk bersatu, bahu membahu dan berdedikasi untuk mengembalikan image kawasan tersebut," terangnya.

Selain itu, di kawasan Jalan Merdeka terdapat potensi pariwisata dan lapangan pekerjaan yang secara otomatis akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat.

"Sesuai rencana tata ruang Kabupaten Ketapang, kawasan Jalan Merdeka memang merupakan kawasan peruntukan perdagangan dan jasa. Hal ini penting disampaikan untuk mempertegas komitmen pemerintah daerah bersama mentaati proses, dan mekanisme yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku," jelasnya.

Pada kesempatan itu pula, Farhan mewakili pemerintah daerah berterima kasih kepada pihak PLN yang sudah berpartisipasi dalam program CSR (Corporate Social Responsibility) atau tanggung jawab sosial perusahaan.

CSR dengan bentuk penataan Taman Merdeka, adalah wujud dukungan langsung terhadap pemerintah demi terlaksananya rencana pusat kuliner di Kawasan Jalan Merdeka.

"Kita berharap Taman Merdeka menjadi lebih cantik, bersih dan terang saat malam hari, sehingga menjadikan taman ini sebagai salah satu pilihan masyarakat untuk menghabiskan waktu senggang. Peningkatan pengunjung, akan dapat berpengaruh pada peningkatan transaksi perekonomian di sekitar taman ini, khususnya kuliner," harapnya.

Baca Juga : Rimba Kuri dan Yum ke Ketapang Masuk Nominasi API 2021

Dia juga meminta perangkat daerah terlibat bekerjasama mendampingi, dan melakukan penambahan sarana prasarana yang diperlukan.

Farhan juga meminta para pedagang disiplin menjaga dan menegakkan protokol kesehatan. Juga berharap agar pedagang, selalu kreatif dan inovatif menyajikan menu.

"Saya juga titip pesan untuk dapat kreatif dalam menu, lakukan inovasi dan kerjasama dengan pihak-pihak terkait dengan ojek online misalnya. Jika perlu, manfaatkan izin mikro yang dimiliki untuk mendapatkan dukungan pendanaan, ini penting, manfaatnya pun kembali pada bapak-ibu pedagang sekalian,” ujarnya.

Sementara untuk Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian, Farhan menitipkan pembinaan oleh dinas tersebut yang dilakukan dengan memberikan bantuan promosi dan pembiayaan untuk pernguatan modal.

"Untuk Dinas Perkim dan LH dapat melatih cara-cara penanganan sampah sesuai standar mutu yang dipersyaratkan, seperti lakukan pemisahan sampah organik dan anorganik, jika diperlukan lakukan saringan antara sampah basah dengan kering,” tukasnya.

Tags :
Share Berita : twitter edukasi borneo facebook edukasi borneo whatsapp edukasi borneo
Penulis : Annisa Januarsi
Sumber : Humpro Ketapang